Ditangkap Polisi Malaysia

Presiden Minta 3 Petugas KKP Dibebaskan

Marsekal (purn) Djoko Suyanto
Sumber :
  • Antara/ Ujang Zaelani

VIVAnews - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Djoko Suyanto mengaku Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah mengetahui perihal penangkapan tiga petugas pengawas perikanan Indonesia oleh Polisi Air Malaysia.

Ramalan Zodiak Rabu 24 April 2024, Sagitarius: Hubungan dengan Kekasih Tidak Sehat Hari Ini

Presiden pun meminta proses diplomasi dalam pemulangan tiga petugas pengawas perikanan Indonesia tersebut.

"Agar diselesaikan secara baik-baik," kata Djoko usai menghadiri acara pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka di Istana Negara, Minggu 15 Agustus 2010.

Djoko menambahkan, upaya penyelesaian sedang dilakukan oleh Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Ia juga belum mengetahui apakah ketiga petugas Indonesia tersebut sudah melanggar perbatasan atau hukum internasional.

Kemudian, apakah Indonesia akan menukar petugas Indonesia yang ditahan Malaysia dengan nelayan Malaysia yang ditahan Indonesia? "Belum tahu prosesnya, nanti lagi jalan itu. Ikuti prosesnya," ujar Djoko.

Penangkapan tiga petugas Indonesia terjadi setelah petugas Indonesia mengejar dan berusaha menangkap nelayan Malaysia yang masuk secara ilegal ke wilayah perairan Tanjung Berakit, Kepulauan Riau. Sebelum tiga petugas tersebut ditangkap, Polisi Diraja Malaysia melepaskan dua tembakan.

Petugas Indonesia kemudian bersitegang dengan Polisi Diraja Malaysia, karena Polisi Diraja Malaysia mengklaim perairan Bintan termasuk wilayah Malaysia. Dalam usaha menangkap nelayan Malaysia, petugas Indonesia juga berhasil mengamankan tujuh nelayan asal Malaysia.  (umi)

Krisis Gaza Makin Dalam Saat Kuburan Massal Ditemukan di Gaza

340 Mayat Ditemukan di Rumah Sakit Gaza yang Hancur, PBB Menuntut Penyelidikan Independen

Perserikatan Bangsa-Bangsa pada Selasa 23 April 2024 menyerukan penyelidikan internasional terhadap laporan kuburan massal di dua rumah sakit Gaza yang hancur

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024