KPU Akan Gelar RDP Bareng DPR Hari Ini, Bahas Evaluasi Pemilu 2024

Ketua KPU RI Hasyim Asyari di Putusan Sidang Perselisihan Hasil Pilpres 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan melaksanakan rapat dengar pendapat (RDP) dengan DPR RI hari ini, Rabu, 15 Mei 2024. Rapat tersebut akan membahas soal evaluasi penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. 

Cak Imin: Negara Perlu Mengeluarkan Anggaran untuk PTN Berkualitas tapi Murah

"Rabu untuk RDP evaluasi (Pemilu)," kata Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari kepada wartawan di kawasan Jakarta Pusat, dikutip Rabu, 15 Mei 2024.

Setelah membahas evaluasi, KPU rencananya akan kembali rapat bersama DPR pada Kamis, 16 Mei 2024 untuk membahas soal Peraturan KPU (PKPU) terkait Pilkada 2024. Hasyim menyebutkan, pihaknya sudah menyiapkan dua draft untuk dikonsultasikan kepada DPR.

PDIP Melobi Fraksi Partai Lain Galang Dukungan Tolak RUU MK

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari

Photo :
  • Tangkapan layar KPU

"Kamisnya untuk RDP pembahasan draf Peraturan KPU. Ada dua draf rancangan KPU yang akan kita konsultasikan dalam RDP," ujarnya.

Legislator PKS Kaget Ada Klausul Melarang Jurnalisme Investigatif dalam Revisi UU Penyiaran

Sebelumnya diberitakan, Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia buka suara soal dugaan asusila yang menjerat Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari. Doli menyebutkan, pihaknya akan melakukan evaluasi terkait kinerja Hasyim.

Adapun evaluasi kinerja tersebut nantinya dilakukan melalui Rapat Dengar Pendapat (RDP) pada 15 Mei 2024 mendatang. 

"Ya itu nanti salah satu yang kita evaluasi kan itu (soal dugaan asusila yang menjerat Hasyim)," kata Doli kepada wartawan di Kompleks Kemensetneg, Jakarta Pusat, dikutip Jumat, 26 April 2024.

Selain kinerja Hasyim, dalam RDP itu pihaknya juga akan mengevaluasi penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. 

"Kalau mau bicara tentang evaluasi pemilu ini kan bukan hanya pelaksanaan pemilunya, tapi juga penyelenggaraannya, perilaku penyelenggaranya seperti apa, ini banyak nanti yang muncul itu. Rencana nanti (RDP) kita tanggal 15 Mei," tutur dia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya