Gunung Dukono Erupsi Mengembuskan Abu Vulkanik Setinggi 1,2 Kilometer

Embusan abu vulkanik setinggi 1,2 kilometer yang keluar akibat aktivitas erupsi Gunung Dukono di Maluku Utara, Kamis, 16 Mei 2024.
Sumber :
  • ANTARA

Jakarta - Gunung Dukono di utara Pulau Halmahera, Maluku Utara, mengalami erupsi pada Kamis, pukul 06.34 WIT, dengan tinggi kolom abu yang diembuskan, teramati lebih kurang 1.200 meter di atas puncak gunung itu.
 
"Gempa letusan terekam pada seismogram dengan amplitudo 14 milimeter dan lama gempa 70,56 detik," kata Petugas Pos Pengamatan Gunung Dukono, Saum Amin, dalam laporan yang diterima di Jakarta, Kamis, 16 Mei 2024.
 
Ia mengatakan kolom abu vulkanik yang keluar akibat erupsi berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur.

Ada Potensi Banjir Lahar Dingin Gunung Ibu Mengarah ke Permukiman, Menurut BNPB

Ilustrasi - Seismograf mencatat getaran gempa.

Photo :
  • ANTARA/Shutterstock/pri.

 
Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengimbau masyarakat agar tidak beraktivitas, mendaki, atau mendekati Kawah Malupang Warirang Gunung Dukono di dalam radius tiga kilometer.

Gunung Lewotobi Laki-laki Erupsi Tiga Kali Pada Sabtu Pagi, Menurut PVMBG

 
Masyarakat direkomendasikan untuk selalu menyediakan masker guna menghindari ancaman bahaya abu vulkanik yang mengganggu sistem pernapasan.
 
Karakteristik erupsi Gunung Dukono bersifat eksplosif dan efusif yang menghasilkan abu, lontaran batu pijar, aliran piroklastika, dan aliran lava.
 
Gunung Dukono memiliki ketinggian 1.335 meter di atas permukaan air laut. Pemukiman terdekat berada pada jarak 11 kilometer dari puncak gunung api tersebut. (ant)

Terdengar Dentuman Keras, Gunung Marapi Kembali Meletus
Pemandangan Gunung Dempo di Pagaralam, Sumatera Selatan, Senin, 10 Januari 2022.

Gunung Dempo Berstatus Waspada Level II setelah Erupsi, Menurut PVMBG

PVMBG menyatakan Gunung Dempo di Pagaralam berstatus waspada level II usai erupsi. Pengunjung/wisatawan diperingatkan agar tidak mendekati dan bermalam (camping).

img_title
VIVA.co.id
1 Juni 2024