Presiden Jokowi Tekankan Tiga Hal Ini pada Pertemuan Bilateral dengan Presiden Fiji

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Presiden Fiji Wiliame Maivalili Katonivere - Sunber foto: Biro pers sekretariat presiden
Sumber :
  • Biro pers sekretariat presiden

Nusa Dua – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Presiden Fiji Wiliame Maivalili Katonivere mengadakan pertemuan bilateral di sela-sela pertemuan World Water Forum ke-10 di Bali International Convention Center (BICC), Nusa Dua, Senin, 20 Mei 2024.

Top Trending: 2 Prajurit TNI Dapat Medali PBB, Heboh Emas di Sungai, Trauma Korban Ojol Cabul

Kedua pemimpin negara tersebut sepakat untuk terus meningkatkan kerja sama konkret yang saling menguntungkan.

"Sebagai sesama negara Pasifik, Fiji merupakan saudara dan mitra penting bagi Indonesia dalam menjadikan kawasan Pasifik sebagai kawasan yang damai, stabil, dan sejahtera. Kita juga perlu memperkuat kerja sama yang konkret dan saling menguntungkan," ujar Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jelang Lebaran Idul Adha, Jokowi Pantau Harga Bahan Pokok di Pasar Senggol Dumai

Presiden Jokowi di acara World Water Forum ke-10 di Bali

Photo :
  • Dok. Istimewa

Dalam pertemuan, Jokowi menekankan tiga poin penting, yakni pertama, mengenai kemitraan pembangunan. Presiden Jokowi berharap pusat pelatihan pertanian daerah di Rakiraki dapat dimanfaatkan untuk memajukan penelitian, inovasi, dan kemitraan yang berkontribusi terhadap ketahanan pangan.

Jokowi Dorong Penerapan Pancasila Sesuai Zaman

“Hal tersebut agar ke depannya Fiji dapat menjadi hub pengembangan pertanian di kawasan Pasifik,” ujarnya.

Kedua, mengenai kerja sama antarmasyarakat. Presiden Jokowi mengapresiasi telah diluncurkannya Forum Asosiasi Persahabatan Fiji-Indonesia pada Maret lalu.

"Saya yakin bahwa dukungan Yang Mulia akan makin memperkuat hubungan antarmasyarakat kedua negara kita," ujatnya.

Ketiga, terkait kerja sama di Pasifik. Presiden Jokowi menekankan komitmen Indonesia untuk terus menyuarakan aspirasi dan kepentingan Pasifik di berbagai forum. 

Indonesia juga berkomitmen untuk membina kerja sama khususnya melalui Melanesian Spearhead Group (MSG) dan Pacific Island Forum (PIF) berdasarkan prinsip saling menghormati, termasuk penghormatan terhadap kedaulatan dan keutuhan wilayah.

"Saya mengapresiasi konsistensi Fiji dalam menghormati kedaulatan dan keutuhan wilayah Indonesia serta dukungannya terhadap peran Indonesia di Pasifik," ujarnya.

Sementara itu, Presiden Fiji menyatakan kekagumannya terhadap transformasi Indonesia terutama atas kepemimpinan Presiden Jokowi.

"Kami harus banyak belajar dari Anda," kata Presiden Fiji.

Pertemuan ini menandai peningkatan kolaborasi antara kedua negara dalam menjaga kestabilan dan kemakmuran di kawasan Pasifik.

Turut mendampingi Presiden Joko Widodo dalam pertemuan tersebut, Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya