Komitmen Menpan-RB Dukung Transformasi STAHN menjadi Institute Agama Hindu Negeri

Komitmen Menpan-RB Transformasi STAHN jadi IAHN
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Memajukan sektor keagamaan termasuk dalam bidang pendidikan, menjadi salah satu yang akan dimajukan. Komitmen pemerintah itu juga disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Azwar Anas.

Mengejar Budaya Indonesia yang Diklaim Negara Lain

Menteri Azwar Anas menegaskan komitmen pemerintah tersebut dalam memajukan sektor keagamaan dengan mengunjungi Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) Mpu Kuturan, menuju transformasi menjadi Institut Agama Hindu Negeri (IAHN). 

Kunjungan dilakukan di STAHN Mpu Kuturan, Senin yang turut didampingi oleh Dirjen Bimas Hindu Prof I Nengah Duija, Rektor STAHN Mpu Kuturan, serta Bupati Buleleng.

25 Tahun Terus Tumbuh Tuk Bangun Asa, Sederet Komitmen PNM Peduli Bangun Negeri

"Pemerintah berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan lembaga pendidikan agama, termasuk melalui transformasi STAHN Mpu Kuturan menjadi Institut Agama Hindu Negeri," ujar Menpan-RB Azwar Anas.

Dia menjelaskan pentingnya pengembangan Lembaga Pendidikan agama. Hal ini agar memperkuat keberlangsungan dan kemajuan kehidupan beragama di Indonesia. Menteri Azwar Anas juga melihat langsung fasilitas serta program akademik di STAHN Mpu Kuturan. 

Dukung Program Merdeka Belajar, OASE KIM Selenggarakan Lokakarya Membaca Nyaring di Mataram

Selain itu, Menteri dan rombongan juga berdialog dengan civitas akademika. Terutama Langkah apa yang diperlukan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan agama Hindu di Indonesia.

Dirjen Bimas Hindu, Nengah Duija menambahkan, transformasi status tersebut akan memicu terjadinya peningkatan kualitqs pendidikan agama Hindu.

"Transformasi STAHN Mpu Kuturan menjadi IAHN akan membawa dampak positif dalam peningkatan kualitas pendidikan agama Hindu, baik dalam bidang akademik maupun praktik keagamaan," katanya.

Rektor STAHN Mpu Kuturan menyambut baik dukungan pemerintah dan berjanji untuk terus berupaya meningkatkan standar pendidikan di lembaga mereka. 

"Kami siap untuk mengemban tugas baru sebagai Institut Agama Hindu Negeri dan akan terus berupaya memberikan kontribusi maksimal dalam pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas dan berintegritas," katanya.

Bupati Buleleng juga menegaskan komitmen pemerintahannya di daerah, dalam rangka mendukung pengembangan pendidikan agama Hindu. 

"Kami siap bekerja sama dengan pemerintah pusat dan STAHN Mpu Kuturan dalam mewujudkan visi bersama untuk meningkatkan pendidikan agama Hindu di Buleleng dan sekitarnya," tegasnya.

Kunjungan ini diharapkan akan menjadi awal yang baik dalam proses transformasi STAHN Mpu Kuturan menjadi Institut Agama Hindu Negeri yang berprestasi dan berkontribusi nyata dalam pembangunan bangsa, khususnya dalam memperkuat nilai-nilai keagamaan dan kebangsaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya