Bus Rombongan SMP PGRI 1 Malang Kecelakaan di Tol Jombang, Guru dan Kernet Tewas

Kondisi Bus Pariwisata usai laka lantas di tol Jomo.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Uki Rama (Malang)

Malang - Bus pariwisata yang membawa rombongan pelajar SMP PGRI Wonosari, Kabupaten Malang mengalami kecelakaan di tol Jombang-Mojokerto (Jomo), Selasa malam, 21 Mei 2024. Bus nahas itu menabrak truk.

DPR Minta Kemenag Pastikan Bus Jemaah Haji Terpasang Bendera Indonesia

Dari keterangan polisi, sopir bus pariwisata Bimorio dengan nopol W 7422 UP itu diduga mengantuk. Kondisi itu yang memicu bus menabrak truk Mitsubishi bernopol N 9674 UH di KM 695+400 jalur tol Jomo.

Akibat peristiwa itu, seorang guru SMP dan kenek bus, meninggal dunia di lokasi kejadian. Sedangkan, penumpang lainnya mengalami luka ringan hingga berat.

Penjelasan Guru SD yang Pukul Bus Bunyikan Telolet saat Jam Belajar

Kanit 3 PJR Polda Jatim, AKP Yudhiono mengatakan, peristiwa kecelakaan maut yang melibatkan rombongan bus pariwisata itu terjadi pada malam sekitar pukul 23.45 WIB. Kronologis kecelakaan itu berawal saat bus pariwisata yang disopiri Yanto (36) warga Ponggok, Kabupaten Blitar itu melaju dari arah Yogyakarta menuju ke Malang via tol.

"Sesampainya di KM 695+400, sopir bus mengantuk sehingga tidak bisa menguasai kemudi. Dan, oleng ke kiri," kata Yudhiono, saat dikonfirmasi pada Rabu, 23 Mei 2024.

Bus Terbakar di Tol Wiyoto Wiyono Bawa Rombongan Kades dari Banjar Kalimantan

ilustrasi ambulans.

Photo :

Lantaran bus oleng, rombongan pelajar itu menabrak kendaraan truk Mitsubishi yang dikemdikan Arif Yulianto (37), warga Lawang, Kabupaten Malang.

"Bus yang oleng ke kiri menabrak truk Mitsubishi bermuatan gerabah yang disopiri Arif, di lajur kiri," jelas Yudhiono.

Setelah menabrak, bodi bus menempel di bak belakang truk. Hal itu membuat bus mengalami kerusakan yang cukup parah.

Akibat peristiwa tersebut, beberapa penumpang mengalami luka berat dan ringan. Bahkan dua orangĀ  di dalam bus pariwisata dilaporkan meninggal dunia di lokasi.

Adapun dua korban jiwa itu adalah Edy Sulistyono (46), kenek bus pariwisata asal Desa Bangle, Kecamatan Kanigoro Blitar.

Selanjutnya salah seorang guru SMP PGRI Wonosari Malang, bernama Edy Crisna Handaka (62), warga Desa Ngebruk, Kecamatan Sumber Pucung Malang.

"Korban luka berat ada 5 orang, untuk luka ringan ada 10 orang, dan yang meninggal ada 2 orang," tutur Yudhiono.

Penanganan kasus kecelakaan maut ini sudah dilimpahkan ke Unit Gakkum Satlantas Polres Jombang dari PJR Polda Jatim.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya