Serangan Brutal KKB di Paniai, Bakar Kios hingga Gedung Sekolah

Ilustrasi pembakaran di Paniai, Papua, oleh KKB
Sumber :
  • ANTARA

Paniai – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali berulah dengan melakukan penyerangan ke salah satu kios di Kampung Madi Distrik Paniai Timur Kabupaten Paniai.

Senator Papua Sebut Pilkada Bukan Cuma soal Keamanan Saja, Coba Dengarkan Aspirasi OAP

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo mengatakan kejadian berawal pada Selasa, 21 Mei 2024, sekitar pukul 21.35 WIT, dua orang yang diduga dari KKB dengan menggunakan motor singgah ke kios milik Arwin (34) untuk membeli rokok.

“Setelah menerima rokok tersebut, salah satu KKB tersebut mengeluarkan senjata api dan langsung melakukan penembakan. Beruntung tembakan tersebut tidak mengenai Arwin hanya mengenai helm yang digantung di dalam rumah,” ucap Kabid Humas, Rabu 22 Mei 2024.

Kapendam: OPM Sebar Hoax Tembak Mati Prajurit TNI

Tidak hanya melakukan penyerangan, KKB wilayah Paniai juga melakukan pembakaran 12 petak kios di pertigaan Kopo Kampung Madi Distrik Paniai Timur sekitar pukul 00.15 WIT. 

Polisi evakuasi warga pasca pembakaran gedung sekolah di Paniai, Papua

Photo :
  • Ist
Irjen Mathius Fakhiri Nyatakan Siap Maju di Pilkada Papua 2024

“Aparat keamanan segera merespon kejadian tersebut dengan mendatangi TKP. Kemudian sekitar pukul 00.52 WIT, saat personel TNI-Polri hendak melakukan evakuasi terhadap masyarakat sipil yang berada di sekitar TKP pembakaran kios, KKB melepaskan tembakan ke arah personel, sehingga terjadi kontak tembak antara KKB dengan personel TNI-Polri yang berada di TKP,” ungkapnya.

Tidak ada korban jiwa pada saat kontak tembak OPM dan aparat. 

Lebih lanjut, Benny mengatakan pada Rabu, 22 Mei 2024, sekitar pukul 02.55 WIT, KKB kembali melakukan aksinya dengan membakar Gedung sekolah PAUD, SD, dan SMP YPPGI Kepas Kopo.

“Setelah membakar kios, KKB melanjutkan aksinya dengan membakar beberapa gedung sekolah yang berada di Kampung Madi, Distrik Paniai Timur,” tutur Kabid Humas.

Personel TNI-Polri berhasil mengevakuasi para guru beserta keluarganya ke Mapolres Paniai sebanyak 23 orang, yang diantaranya 9 orang laki-laki, 10 orang perempuan dan 4 orang anak.

“Sampai saat ini personel gabungan TNI-Polri masih bersiaga di seputaran pertigaan Kopo guna mengantisipasi aksi lanjutan dari KKB,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya