Angkut 319 Jemaah Haji Asal Labuhanbatu, KAI Sumut: Jadi Sejarah Perkeretaapian Indonesia

KAI Sumut Angkut 319 Jemaah Haji Asal Labuhanbatu.(dok KAI Sumut)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Medan  – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional I Sumatera Utara kembali melayani dengan mengangkut rombongan jemaah haji asal Kabupaten Labuhanbatu, dengan jumlah 319 orang, dengan menggunakan Kereta Api Luar Biasa (KLB) dengan relasi Stasiun Rantauprapat - Stasiun Lubukpakam, Sabtu 25 Mei 2024.

Prosesi Mina Usai, Jemaah Haji Diminta Pulihkan Fisik Sebelum Thawaf Ifadhah, Sa'i dan Wada

"Hari ini, KAI Divre I Sumut kembali dipercaya untuk melayani angkutan rombongan Jemaah Haji Kabupaten Labuhanbatu tahun 2024. Angkutan rombongan Haji dengan menggunakan kereta api ini adalah kali kedua dilaksanakan di wilayah Divre I Sumut dan menjadi sejarah di perkeretaapian Indonesia," ucap Manager Humas PT KAI Divre I Sumut, Anwar Solikhin.

Anwar menjelaskan bahwa, angkutan rombongan Haji Kabupaten Labuhanbatu menggunakan kereta api tahun 2024 ini merupakan hasil kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu dengan PT KAI Divre I Sumut.

Mantan TKI Arab Saudi Bongkar Modus Penipuan Baru di Depan Kabah

Kolaborasi itu, melalui mekanisme Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang telah dilakukan sebelumnya pada tanggal 19 Mei 2024 lalu oleh Plt. Bupati Labuhanbatu Ellya Rosa Siregar dengan Vice President PT KAI Divre I Sumut Mohamad Arie Fathurrochman di atas Kereta Api Inspeksi (KAIS) Wijaya Kusuma dengan relasi perjalanan dari Stasiun Rantauprapat - Stasiun Mambang Muda.

Kepulangan jemaah haji dari bandara Ameer Mohammad Bin Abdul Aziz, Madinah

Photo :
  • MCH 2023/ Romadanyl
Ibunda Dirawat di Rumah Sakit, Aldi Taher Minta Ini ke Raffi Ahmad

"KLB rombongan Haji Kabupaten Labuhanbatu tahun 2024 ini, membawa 8 kereta eksekutif dengan total kapasitas 400 seat. Kemudian, jumlah Jemaah Haji yang diangkut sebanyak 319 orang yang diberangkatkan dari Stasiun Rantauprapat pada pukul 15.40 WIB dan tiba di Stasiun Lubukpakam pukul 20.00 WIB atau dengan waktu tempuh 4 jam 20 menit," jelas Anwar.

Selama dalam perjalanan di atas KA, rombongan jemaah Haji Kabupaten Labuhanbatu, mendapat layanan diantaranya seperti makanan ringan kue-kue, minuman kopi/teh, makan malam dan souvenir eksklusif berupa payung, yang dapat dimanfaatkan oleh para jemaah Haji ketika melaksanakan ibadah di Tanah Suci Mekah.

Setibanya, di Stasiun Lubukpakam, rombongan Haji Kabupaten Labuhanbatu melanjutkan perjalanannya menggunakan bus menuju Asrama Haji Embarkasi Medan.

Anwar mewakili PT KAI Divre I Sumut mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Pemkab Labuhanbatu yang mempercayakan kembali angkutan Jemaah Haji menuju Embarkasi Medan menggunakan KA. 

"KAI senantiasa berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat khususnya rombongan Jemaah Haji Kabupaten Labuhanbatu dan mendoakan semoga diberikan kelancaran saat ibadah serta menjadi Haji yang mabrur setibanya dari tanah suci," ucap Anwar.

Untuk diketahui, Kereta Luar Biasa (KLB) merupakan kereta api yang dapat disewa pelanggan KA atau masyarakat, penyewa dapat menentukan jenis kereta api, jadwal, serta stasiun keberangkatan dan kedatangan.

Masyarakat yang berminat menggunakan layanan KLB dapat melakukan pemesanan melalui contact center KAI dinomor telepon 121 atau menghubungi Unit Angkutan Penumpang KAI Divre I Sumut dinomor WhatsApp 081120210011.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya