Minibus Bawa 20 Orang Terjun Bebas di Jalur Wisata Dieng, 7 Luka Parah

Minibus Terjun Bebas di Jalur Wisata Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah
Sumber :
  • Purnomo (tvOne)

Banjarnegara - Sebuah minibus yang membawa 20 penumpang terjun bebas ke jurang di jalur wisata Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah, pada Minggu (26/5/2024). Diduga, kecelakaan maut ini terjadi akibat rem blong.

Detik-detik Crane Pembangunan Gedung Kejagung Jatuh Menimpa Jalur dan Kena Kereta MRT

Akibat kejadian ini, 7 orang mengalami luka parah dan harus dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah Wonosobo. Sementara 13 orang lainnya, termasuk sopir, mengalami luka ringan dan dirawat di Puskesmas Batur 1.

“Ya saya bawa 19 penumpang ditambah saya jadi total 20 penumpang mas." kata Agus, supir minibus..

Jalur Kereta Tertimpa Crane, MRT Pastikan Tidak Ada Korban

Minibus Terjun Bebas di Jalur Wisata Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah

Photo :
  • Purnomo (tvOne)

Kronologi Kejadian

Dua dari Tiga Penumpang Minibus Terseret Banjir Bandang di OKU Belum Ditemukan

Minibus Elf dengan nomor polisi B 7320 CAA, yang dikemudikan oleh Agus Salim (50 tahun) dari Pandeglang, melaju dari arah Dieng menuju Batur untuk kembali ke Jakarta. Saat melintasi turunan tajam dan berkelok di Desa Condong, Kecamatan Batur, rem minibus diduga blong.

Sopir, Agus Salim, mengaku tidak memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi. Ia juga tidak menginjak rem saat menuruni tanjakan, namun saat hendak berbelok di tikungan tajam, rem minibus tidak berfungsi. Agus kemudian membanting setir ke kanan dua putaran, namun minibus tetap oleng dan terjun ke jurang sedalam 5 meter.

“Saya ga inget tau tau saya udah di rumah sakit,” jelas Agus. 

Upaya Penyelamatan dan Penyelidikan

Evakuasi kendaraan sempat terhambat karena medan yang sulit dan terjal. Tim SAR dan petugas kepolisian akhirnya berhasil mengevakuasi para korban dan minibus.

Polisi saat ini tengah melakukan olah TKP dan memeriksa sopir serta saksi untuk mengetahui penyebab pasti kecelakaan. Satlantas Polres Banjarnegara mengimbau para pengendara yang akan melintasi jalur Banjarnegara-Pejawaran-Dieng untuk lebih waspada dan memeriksa kondisi rem kendaraan karena terjalnya medan. (Purnomo/Banjarnegara)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya