SIM C1 Mulai Berlaku Hari Ini, Intip Bedanya dengan SIM C

Direktur Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri Brigjen Yusri Yunus
Sumber :
  • ANTARA

Jakarta -- Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mulai memberlakukan Surat Izin Mengemudi (SIM) C1 di Tanah Air per hari ini.

2 Motor Tabrakan di Tikungan Trawas Mojokerto, 2 Pengendara Meninggal

Lalu, apa bedanya SIM C dengan SIM C1?

Menurut Direktur Regident Korps Lalu Lintas Polri, Brigadir Jenderal Polisi Yusri Yunus, perbedaan pertama  adalah kapasitas kecepatan motor. "SIM C itu sama dengan 0-240cc. (SIM) C1 dari 250 sampai 500cc," katanya, Senin, 27 Mei 2024.

Punya Tenaga Lebih Buas, Honda CBR250RR Terbaru Resmi Meluncur

Kemudian, untuk perbedaan kedua adalah persyaratan. Untuk pengendara yang mau memiliki SIM C1 wajib punya SIM C yang berlaku minimal satu tahun. Lalu, trek uji kendaraan SIM C1 mempunyai panjang hingga 2,5 meter.

Ilustrasi ujian SIM motor

Photo :
  • VIVA/Yandi Deslatama
AHM Ungkap Alasan Honda BeAT Varian Tertinggi Hanya Andalkan Smart Key

"Untuk di C1 ada perbedaan sekitar hampir 1,4 meter (dari SIM C). Jadi (panjang trek) 2,4-2,5 meter. Jadi teorinya sama, ujian prakteknya dipersiapkan semuanya," kata Yusri.

Sebelumnya diberitakan, mulai hari ini, Surat Izin Mengemudi (SIM) C1 berlaku di Tanah Air. SIM C1 diperuntukkan pengendara motor dengan kecepatan 250 hingga 500 CC.

"Hari ini kita bersama-sama akan menyaksikan launching SIM C1. Ini sebenarnya amanat Perpol Tahun 2021 ya, amanat Perpol 05 2021 baru kita realisasikan tiga tahun kemudian," kata Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Inspektur Jenderal Polisi Aan Suhanan, Senin, 27 Mei 2024.

Dia menjelaskan, pengendara yang hendak memiliki SIM C1 harus memenuhi persyaratan. Dari melakukan tes sampai harus punya SIM C yang telah berlaku selama satu tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya