Susno: Pemegang Saham PT SAL, Atasan Saya

Susno Duadji Menolak Diperiksa Divpropam
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Mantan Kepala Badan Reserse dan Kriminal, Komisaris Jenderal Susno Duadji mengajukan uji materiil UU Perlindungan Saksi dan Korban ke Mahkamah Konstitusi.

Sebagai pemohon, Susno membeberkan alasan pengajuan uji materiil. Kepada mahkamah, Susno mengaku jadi korban kriminalisasi.

Awalnya, cerita Susno, dia ditetapkan jadi tersangka pencemaran nama baik dan disebut-sebut menerima uang Rp5 miliar dari kasus Gayus Tambunan. "Tapi tidak berkembang sampai sekarang," kata Susno di Mahkamah Konstitusi, Kamis 19 Agustus 2010.

Susno juga menyinggung kasus PT Salma Arowana Lestari (PT SAL) atau yang juga dikenal sebagai kasus mafia arwana.

"Khusus kasus SAL, pelapornya adalah saya yang mengungkap mafia kasus ini. Anehnya, kasus mafianya tidak jalan, tidak ada yang diperiksa. Justru diri saya yang dijadikan tersangka atas keterangan seorang bernama Sjahril Djohan," kata Susno.

Menurut Sjahril, pada Desember 2008, Susno menerima suap dari dia sebesar Rp500 juta.

Anehnya, tambah Susno, saat kasus itu terjadi dia masih polisi aktif, bahkan Kabareskrim.  "Kan bodoh, kalau saya terlibat  diam-diam saja, [tapi justru] saya buka," tambah dia.

Susno menegaskan, justru dia yang menghambat kasus ini dialihkan dari perdata menjadi pidana.  Apalagi, Susno melanjutkan, ""Pemegang saham PT SAL adalah mantan atasan saya , mantan Wakapolri. Saya tentu tak mau menerima suap dari perusahaan mantan atasan saya." 

Selain kasus tersebut, kata Susno, dirinya juga juga dikenakan kasus lain, yakni kasus pengamanan pilkada saat dia menjabat Kapolda Jawa Barat.
"Saya yakin pertanggungjawaban itu terbaik di Indonesia. Aneh, hanya satu polda [yang dipersoalkan], polda lain tidak."



Sebelumnya, Pengacara Komjen (purn) Makbul Padmanegara, Alflons Loemau, membantah keras bahwa kliennya memiliki saham di PT SAL. Alflons menegaskan bahwa semua pemberitaan yang mengaitkan mantan Wakapolri itu dengan kasus arwana PT SAL adalah fitnah besar.

"Siapapun yang bisa menemukan ada saham atas nama Bapak Makbul Padmanegara, kami tegaskan bahwa klien kami akan menghibahkan pada orang yang menemukan," kata Alflons di Mabes Polri, Jakarta, Rabu 12 Mei 2010.

Lolos Jadi Anggota DPR, Denny Cagur Ungkap Kenangan Haru dengan Almarhumah Ibu
Viral Video Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

Viral Video Transformasi Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

Makeup pengantin adalah tata rias khusus yang dirancang untuk mempercantik dan menyempurnakan penampilan seorang pengantin pada hari pernikahannya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024