Natal dan Tahun Baru 2009

Hindari Teror, Penumpang Dirazia

VIVAnews - Pemeriksaan penumpang secara acak tak hanya dilakukan dilakukan di bandar udara. Menteri Perhubungan, Jusman Syafii Djamal mengatakan razia akan dilakukan di angkutan darat, angkutan laut, dan angkutan udara.

Pengecekan, kata Jusman, dilakukan petugas perhubungan. "Pengecekan dilakukan demi keamanan perjalanan para penumpang," tambah dia kepada wartawan di Gedung Departemen Perhubungan, Jalan Medan Merdeka Barat, Senin 22 Desember 2008.

Senada, Direktur Perhubungan Laut, Sunaryo mengatakan razia penting dilakukan. "Untuk menghindari penumpang yang membahayakan, seperti bahan peledak," kata dia.

Pengamanan, lanjut Jusman, juga dilakukan oleh petugas kepolisian. Ditambahkannya, mulai Selasa 23 Desember 2008, Departemen Perhubungan akan mengaktifkan posko pemantauan transportasi Natal dan  Tahun Baru yang terpusat di Gedung Departemen Perhubungan.

Diperkirakan, jumlah orang yang akan mudik atau bepergian saat Natal dan Tahun Baru 2009 sebanyak  5.793.488. Pengguna angkutan darat paling banyak yakni sejumlah 2.010.893 orang. Sedangkan angkutan laut sebanyak  499.916 orang, meningkat 20 persen dari tahun sebelumnya sebanyak  398.484. Sedangkan penumpang angkutan udara diperkirakan sebanyak 1.547.896 penumpang.

Departemen Perhubungan, kata Jasman, menaikan kapasitas bangku pesawat sebesar 10 persen selama Natal dan Tahun Baru, atau sebanyak 359.530 tempat duduk. Satu kapal penumpang juga disediakan untuk antisipasi lonjakan penumpang.

Penambahan kapasitas juga dilakukan untuk kereta api. Untuk kelas bisnis, kapasitas ditambah sebanyak 25 persen, sedangkan kelas ekonomi ditambah 50 persen. "Untuk antisipasi longsor, disiapkan alat-alat berat pada titik-titik rawan longsor," kata Jusman.

Pecahkan Rekor Tertinggi, Harga Emas Hari Ini Tembus Rp 1.249.000 Per Gram
Ilustrasi: Polisi di lokasi kecelakaan.

Sopir Sedan di Tangsel Jadi Tersangka Usai Tabrak Pemotor dan PKL

Dalam peristiwa kecelakaan pengemudi mobil sedan yang menabrak pemotor dan PKL terdapat satu orang meninggal dunia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024