Profil Ahmad Luthfi, Jenderal Bintang Dua Polri yang Bakal Jadi Irjen Kemendag

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi
Sumber :
  • tvOne-Teguh Sutrisno

Jakarta – Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan, beberapa waktu lalu sempat mengungkapkan bahwa Kapolda Jawa Tengah (Jateng) Irjen Ahmad Luthfi bakal disiapkan untuk menjabat sebagai Inspektorat Jenderal Kementerian Perdagangan (Kemendag). Zulhas mengtakan proses tersebut sudah hampir selesai.

Gerindra Resmi Umumkan Usung Ahmad Luthfi Cagub Jateng

Nama Irjen Ahmad Luthfi menambah panjang deretan Perwira Tinggi (Pati) Polri yang menempati jabatan sipil. Penunjukkan Ahmad Luthfi sebagai Irjen Kemendag itu pun menuai pro dan kontra di masyarakat tanah air.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi

Photo :
  • tvOne/Tri Handoko
Gantikan Gibran Rakabuming Raka jadi Wali Kota Solo, Ini Aktivitas Hari Pertama Teguh Prakosa

Dibalik polemik penunjukkan tersebut, diketahui ternyata Ahmad Luthfi adalah seorang Perwira Tinggi yang memiliki rekam jejak yang baik. Ahmad Luthfi, merupakan lulusan dari Sepa Milsuk Polri tahun 1989

Jenderal polisi kelahiran Surabaya, 22 November 1966 itu memiliki berbagai keahlian dan pengalaman di korps Bhayangkara.

SD di Solo Hanya Dapat 2 Siswa di Tahun Ajaran Baru 2024

Luthfi pernah menjabat sebagai Kapolres Batang pada tahun 2010. Dia kemudian dilantik jadi Wadir Intelkam Polda Jateng selama setahun.

Kemudian, Luthfi dipindahtugaskan ke Surakarta, dan di sana Luthfi dipercaya menjadi Wakil Kepala Kepolisian Resor Kota (Wakapolresta) Surakarta. Jabatan tersebut diemban kurang lebih empat tahun, lalu pada tahun 2015, dia kemudian diangkat jadi Kapolresta Solo.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi pamitan jelang pensiun

Photo :
  • Teguh Joko Sutrisno

Dari Solo karirnya terus melesat hingga pada tahun 2020, Luthfi diangkat menjadi Kapolda Jawa Tengah. Tepatnya dia diangkat sebagai Kapolda Jateng pada tanggal 1 Mei 2020.

Sepanjang kariernya, polisi yang berpengalaman dalam bidang Intel ini banyak bertugas di lingkup wilayah Jawa Tengah. Jabatan terakhir Luthfi sebelum menjadi Kapolda Jateng adalah Wakapolda Jateng yang didudukinya selama tahun 2018-2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya