Ini 8 Timses Prabowo-Gibran yang Diangkat jadi Komisaris BUMN

Susunan Tim Kampanye Pemenangan Prabowo-Gibran
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Sejumlah tim sukses (timses) Prabowo-Gibran baik itu dari politikus Gerindra maupun anggota Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-GIbran mendapatkan kursi yang strategis di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di jajaran dewan komisaris.

Hilangnya Demokrat Tak jadi Masalah, Eks Dubes Turki Mantap Maju Cagub NTB Didukung Gerindra-PAN

Partai Gerindra pun menepis tudingan adanya 'bagi-bagi kue' atau bagi-bagi jabatan usai Prabowo Subianto memenangkan Pilpres 2024.

Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menyebut jabatan komisaris di BUMN tidak cuma satu orang dan wajar saja dilakukan.

Petinggi PPP Sebut Hamzah Haz Politikus Teduh dan Nyaris Tak Pernah Berkonflik

“Ya tentunya kita melihat bahwa komisaris di satu BUMN itu bukan cuma satu, komisaris di BUMN itu ada beberapa, direksinya juga ada beberapa, jadi kalau dibilang bagi-bagi jabatan, ya tentunya itu kan yang ada dibagi-bagi, kan gitu?” kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 11 Juni 2024. 

Dirinya pun menegaskan kader-kader yang menempati posisi komisaris di BUMN itu memang memiliki kapasitas dan keilmuan yang dibutuhkan BUMN.

Jadi Komisaris Baru PLN, Intip Besaran Gaji Burhanuddin Abdullah dan Andi Arief

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman menambahkan, fenomena bagi-bagi jabatan selalu ada di setiap awal pemerintahan.

Berikut daftar politikus Gerindra dan anggota TKN Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024 yang diangkat menjadi komisaris BUMN:

1. Simon Aloysius Mantiri (Komisaris Utama Pertamina)

Simon Aloysius Mantiri

Photo :
  • Dok. Pertamina

Simon Aloysius Mantiri adalah politikus Gerindra yang menjabat sebagai wakil sekretaris Dewan Pembina DPP Gerindra.

Ia juga merupakan timses Prabowo-GIbran yang menjabat sebagai wakil ketua bendahara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran.

Dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan 2024 pada Senin 10 Juni 2024, Simon Aloysius Mantiri resmi diangkat menjadi komisaris utama Pertamina menggantikan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

2. Fuad Bawazier (Komisaris Utama MIND ID)

Fuad Bawazier

Photo :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

Fuad Bawazier juga merupakan timses Prabowo-Gibran yang menjabat sebagai Anggota Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran.

Sama seperti Simon Aloysius, Fuad Bawazier juga merupakan orang yang dekat dengan presiden terpilih 2024 Prabowo Subianto.

Fuad Bawazier diangkat menjadi Komisaris Utama MIND ID berdasarkan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2023 pada Senin 10 Juni 2024.

Sekadar informasi, Mining Industry Indonesia atau MIND ID dengan nama entitas baru yakni PT Mineral Industri Indonesia adalah BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia yang beranggotakan PT ANTAM Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT INALUM, dan PT Timah Tbk.

3. Grace Natalie (Komisaris MIND ID)

Grace Natalie PSI

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Masih di BUMN MIND ID, dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2023 itu petinggi Partai PSI Grace Natalie resmi ditunjuk sebagai Komisaris MIND ID pada 11 Juni 2024.

Grace Natalie pun merupakan salah satu petinggi di Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, posisinya adalah sebagai wakil ketua TKN Prabowo-Gibran.

4. Condro Kirono (Komisaris Independen PT  Pertamina)

Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran, Condro Kirono bersama adik kandung Presiden Jokowi dan kakak ipar Presiden Jokowi.

Photo :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq (Solo)

Selain Simon Aloysius yang masuk jajaran Dewan komisaris PT Pertamina, Condro Kirono juga diangkat oleh Kementerian BUMN sebagai komisaris independen PT Pertamina.

Pengangkatan itu berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan 2023 Kementerian BUMN pada 10 Juni 2024.

Adapun Condro Kirono merupakan petinggi Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran yang menjabat sebagai Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran.

5. Siti Nurizka Puteri Jaya (Komisaris Utama PT Pupuk Sriwidjaja)

Kader Partai Gerindra, Siti Nurizka Puteri Jaya resmi diangkat menjadi Komisaris Utama PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri).

Mantan Anggota DPR Komisi III dari Fraksi Gerindra itu diangkat menjadi Komut Pusri berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Senin 10 Juni 2024.

6. Prabu Revolusi (Komisaris Independen PT Kilang Pertamina Internasional)

Prabu Revolusi

Photo :
  • IG Prabu Revolusi

Prabu Revolusi resmi diangkat menjadi Komisaris Independen PT Kilang Pertamina Internasional pada Februari 2024.

Eks Pimpinan Redaksi iNews itu sebelumnya timses Ganjar-Mahfud yang menjabat sebagai Deputi Komunikasi Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud) dan pindah menjadi timses Prabowo-Gibran yang menjabat sebagai anggota Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran.

7. Felicitas Talulembang (Komisaris Independen BSI)

Felicitas Talulembang merupakan politikus Gerindra yang diangkat menjadi komisaris independen di Bank Syariah Indonesia (BSI).

Pengangkatan anggota DPR RI periode 2014-2019 itu berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada 17 Mei 2024 lalu

8. Siti Zahra Aghnia (komisaris Independen PT Pertamina patra Niaga)

Siti Zahra Aghnia merupakan istri dari komandan Tim Kampanye Nasional (TKN) Fanta Arief Rosyid Hasan.

Istri dari Komandan TKN pemilih muda Fanta itu diangkat menjadi komisaris independen PT Pertamina Patra Niaga sejak 1 Januari 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya