Profil Danis Murib, TNI Berdarah Asli Papua yang Membelot ke Organisasi Papua Merdeka

Danis Murib, TNI Berdarah Asli Papua yang Membelot ke OPM
Sumber :

VIVA – Danis Murib, seorang prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang merupakan putra asli Papua, memilih untuk membelot dan gabung ke Organisasi Papua Merdeka (OPM) atau kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Hibah Alkes untuk Penanganan Malaria di Papua, Ikut Disaksikan Wantimpres

Diketahui nama ‘Murib’ merupakan nama dari sebuah marga dari suku Lani di wilayah Papua Tengah.

Danis Murib saat masih mengabdi sebagai prajurit TNI, ia berpangkat Prajurit Dua (Prada) yang ditugaskan di Satgas Yonif 527/Baladibya Yudha Kodam V/Brawijaya di Surabaya, Jawa Timur.

4 Ruas Inpres Jalan Daerah di Provinsi Papua Selesai, Bukti Dukungan Kementerian PUPR ke Kawasan 3T

Usai bertugas di Surabaya, Danis Murib kemudian ditugaskan dalam melaksanakan operasi militer di Papua, Danis Murib ditempatkan di wilayah marganya yaitu di Pos Moanemani Baru, Papua Tengah.

Pasukan Organisasi Papua Merdeka dengan bendera mereka/Ilustrasi.

Photo :
  • VIVAnews/Banjir Ambarita
Fashion Show Karya Desainer PYCH Binaan BIN Mampu Pukau Jokowi

Namun Danis Murib dicurigai sebagai pengkhianat negara karena dianggap mengancam keamanan dan stabilitas nasional.

Ini karena desertir TNI itu telah bergabung dengan Organisasi Papua Merdeka (OPM), Danis Murib dituduh sebagai sumber informasi yang sering membocorkan operasi TNI alias menjadi mata-mata.

Operasi-operasi militer TNI itu kemudian dilaporkan kepada Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM).

Dugaan tersebut semakin kuat ketika Danis Murib meninggalkan pos tempat tugasnya dan kabur, Danis Murib dinyatakan sebagai Desertir TNI sejak 14 April 2024.

Sebagai informasi, desertir TNI adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang melakukan desersi, yaitu meninggalkan tugas atau posisinya dan tanpa niat untuk kembali. 

Dalam foto yang diunggah melalui akun Tentara Nasional Indonesia, Danis Murib sempat mengenakan  baju OPM lengkap dengan riasan wajah di bawah kepemimpinan Undius Kogoya.

Akhirnya pada Jumat 14 Juni, Panglima Komando Gabungan Wilayah (Kogabwilhan) III, Letjen TNI Richard Tampubolon, memerintahkan Panglima Komando Operasi TNI (Koops TNI) Habema beserta Komandan Komando Pelaksanaan Operasi (Dankolakops) dan Komandan Pasukan Nanggala Kopassus menembak mati 2 anggota OPM termasuk Danis Murib.

Kemudian Danis Murib dimakamkan secara militer oleh Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM).


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya