Operasi Ketupat, 82 Ribu Polisi Diterjunkan

Persiapan Pemilu: Polisi di Bali
Sumber :
  • AP Photo/Firdia Lisnawati

VIVAnews - Polri mengerahkan 82.180 personel untuk Operasi Kepolisian Kewilayahan Kendali Pusat (Operasi Ketupat) yang akan dilaksanakan mulai tanggal 3 September hingga 18 September mendatang.

Dewas KPK Gelar Sidang Etik Nurul Ghufron 2 Mei terkait Dugaan Penyalahgunaan Wewenang

Operasi ini ditujukan untuk menjamin keamanan masyarakat yang akan merayakan hari raya Idul Fitri 2010.

"Kekuatan personil Operasi Ketupat sebanyak 82.180 orang," kata Kepala Bidang Penerangan Umum Polri, Kombes Marwoto Soeto di Mabes Polri, Jakarta, Selasa 24 Agustus 2010.

Personil yang diterjunkan, kata dia, terdiri dari anggota dari Mabes Polri dan personil dari Polda. Personil Mabes Polri yang diterjunkan sebanyak 1.149 orang, sementara dari Polda sebanyak 81.031 orang. "Personil dari Polda berasal dari Polda Prioritas I sebanyak 49.445 orang dan Polda Prioritas II sebanyak 31.586 orang," kata dia.

Daerah operasi yang termasuk dalam prioritas I adalah Polda Lampung, Polda Banten, Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah, Polda Daerah Istimewa Yogyakarta(DIY), Polda Jawa Timur, dan Polda Bali. Sementara itu, Polda lainnya masuk dalam kategori prioritas II.

Target operasi ini antara lain terkait dengan kelancaran lalu lintas di titik-titik yang selama ini rawan macet. Selain itu, mengurangi jumlah kecelakaan di jalan dan menekan pelanggaran lalu lintas oleh masyarakat. Kemudian, "Menjaga kondisi Kamtibmas yang kondusif," kata dia.

Sasaran operasi ini adalah tempat-tempat umum, seperti rumah ibadah, tempat-tempat yang dijadikan tempat ibadah, pusat perbelanjaan, jalur mudik, tempat wisata dan tempat keramaian lainnya.

Polri berharap masyarakat tidak hanya menggantungkan keamanan pada petugas saja. Polri meminta masyarakat untuk turut menjaga keamanan diri mereka sendiri dan lingkungannya.

Masyarakat diimbau tidak memamerkan barang dan membawa uang secukupnya selama mudik. Masyarakat juga diimbau berhati-hati dengan orang yang baru dikenal. "Selain itu, pastikan bahwa rumah yang anda tinggal bebas dari bahaya kebakaran dan pencurian," kata Marwoto.

Neta L

Neta Pamer Mobil SUV Baru Rp200 Jutaan

Neta, pabrikan mobil listrik asal China, memperkenalkan empat model Neta L di pasar domestiknya. SUV berdesain modern ini menarik perhatian dengan teknologi canggih dan j

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024