Pemudik Waspada Longsor dan Pasar Tumpah

Jalan tembus Pacet rawan longsor
Sumber :
  • Surabaya Post

VIVAnews - Bagi Anda yang hendak pulang ke kampung halaman agar mewaspadai jalur-jalur rawan longsor dan banjir. Cuaca yang tidak menentu membuat beberapa kawasan di pulau Jawa rawan longsor dan banjir.

Kementerian Pekerjaan Umum (PU) telah mengantisipasi beberapa titik rawan banjir dengan melakukan normalisasi sungai. Namun, intensitas hujan yang diperkirakan terus mengguyur membuat beberapa tempat masih rawan banjir ringan.

"Sungai Blorong sudah dinormalisasi sebagai antisipasi banjir. Pati-Juanda (Kudus) jalannya juga sudah ditinggikan," ujar Wakil Menteri PU RI Hermanto Dardak kepada wartawan di Jakarta.

Kementerian PU mencatat terdapat 22 titik rawan longsor dan banjir yang patut diwaspadai oleh para pemudik di sepanjang pulau Jawa. Sedangkan untuk pasar tumpah, kementerian mencatat terdapat 12 titik pasar tumpah yang ada di sepanjang jalur pantura Jawa Barat.

"Untuk pasar tumpah kami berkoordinasi dengan pemda setempat untuk mengaturnya agar meminimalisir kemacetan," ujar Hermato.

Berikut 22 titik rawan longsor dan banjir yang dicatat Kementerian PU:

Erick Thohir: Generasi Emas Timnas Indonesia Terus Ciptakan Sejarah Baru

Jawa Barat: Jonggol, Cipanas, Cianjur, Garut, Wanayasa, Wado, Kuningan, Ciamis.
Jawa Tengah: Ajibarang, wangon, Banyumas, Banjarnegara, Magelang, Boyolali, serta Patuk, Yogyakarta.
Jawa Timur: Mantingan, Trenggalek, Kediri, Lumajang, Probolinggo, Jember, dan Ketapang.

12 titik pasar tumpah:
Cikampek, Sukamandi, Ciasem, Pusaka Negara, Sukra, Patrol, Eretan Wetan, Kandang Haur, Kertasmaya, Gubug, Mundu, dan Gebang.

Pasar lain yang bisa menimbulkan kemacetan antara lain Bangkir, Karangampel, Celancang, Jamblang, minggu, Plered, Kue, dan Losari.

Laporan: Iwan Kurniawan

Syifa Hadju

Hubungan dengan Rizky Nazar Diduga Retak Lantaran Orang Ketiga, Instagram Syifa Hadju Diserbu

Sejak kabar itu viral, banyak warganet yang memberi perhatian kepada Syifa Hadju. Mereka ramai-ramai memenuhi kolom komentar.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024