Letusan Gunung Sinabung, Korban 1 Tewas

Gunung Sinabung
Sumber :
  • travelblog.org

VIVAnews -- Letusan Gunung Sinabung  Kabupaten Karo, Sumatera Utara yang meletus pada Minggu 29 Agustus 2010 pukul 00.08 WIB, makan korban.

Kepala kantor Kesbang Linmas Kabupaten Karo, Suang Karo-Karo mengatakan, adanya korban jiwa terungkap dalam rapat bupati.  "Memang ada informasi dari lapangan menyebutkan, satu tewas sesak nafas karena debu," kata Suang ketika dihubungi VIVAnews, Minggu 29 Agustus 2010.

Korban, tambah dia, adalahg warga Desa Beras Tepu, Kecamatan Simpang Empat. "Saat ini korban tewas sedang divisum tim dokter dari dinas kesehatan kabupaten," tambah dia.

Berbagai keluhan kesehatan juga disampaikan warga di sekitar Gunung Sinabung. "Keluhan sebagian besar warga adalah sesak nafas dan gangguan mata, iritasi karena debu," tambah dia.

Status Gunung Sinabung kini dinaikkan menjadi 'Awas'.  Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memperingatkan masyarakat yang bermukim dan beraktivitas dalam radius 6 kilometer dari kawah aktif agar diungsikan ke tempat yang aman.

"Jika terjadi hujan abu cukup deras, agar masyarakat menggunakan masker penutup hidung dan mulut serta menutup sumber air untuk keperluan minum."

Warga yang bermukim di bantaran sungai yang berhulu di puncak Gunung Sinabung agar mewaspadai kemungkinan terjadinya bahaya sekunder berupa banjir lahar. (hs)

1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur
Game MMORPG Tarisland.

Game MMORPG Tarisland Siap Menggebrak, Ada Streamer Indonesia

Nimo secara khusus mengundang game MMORPG Tarisland yang sangat dinantikan-nantikan. Para tamu yang diundang, di antaranya streamer Depinaa dari Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024