Darmono: Wewenang Saya Seperti Jaksa Agung

Hendarman Supandji dan Darmono
Hendarman Supandji dan Darmono
Sumber :
  • Antara/ Yudhi Mahatma

VIVAnews -  Darmono, pelaksana tugas Jaksa (Plt) Agung mengaku Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) tidak perlu berpolemik mengenai kewenangannya sebagai Plt Jaksa Agung.

Menurut Darmono, ia memiliki kewenangan seperti Jaksa Agung, seperti yang tercantum dalam Keputusan Presiden (Keppres) mengenai penunjukan dirinya sebagai Plt.

"Barangkali teman-teman DPR banyak belum baca Keppres-nya, sehingga belum tahu isinya secara persis," kata dia usai pelantikan Panglima TNI di Istana Negara, Selasa 28 September 2010..

Keppres tersebut, menurut Darmono, melimpahkan kepada Wakil Jaksa Agung untuk melaksanakan tugas dan wewenang Jaksa Agung sampai dengan diangkatnya Jaksa Agung definitif.

"Artinya, dengan amanat presiden itu saya dapat melakukan tindakan hukum dengan penuh. Sesuai tugas dan wewenang Jaksa Agung. Semuanya, termasuk mencegah orang ke luar negeri," ujarnya.

Untuk itu, Darmono meminta agar polemik mengenai wewenang ini segera dihentikan. Dengan demikian, Kejaksaan dapat melaksanakan tugasnya.

"Sebenarnya tidak perlu, katakanlah, berpolemik. Karena dengan DPR kan teman-teman, semua mitra kerja kita semua," tutur Darmono. (hs)