Berbagai Kebijakan Irjen Agus yang Buat Kepercayaan Publik Terhadap Korlantas Polri Meningkat

Kakorlantas Polri Irjen Pol Agus Suryonugroho (dok. istimewa)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Ramadhan

Jakarta, VIVA – Dalam lima bulan masa kepemimpinannya di Korlantas Polri, Irjen Agus Suryonugroho menunjukkan, berdasarkan data Litbang Polri, indeks kepercayaan publik terhadap layanan Korlantas Polri meningkat signifikan, dari 73,2 persen di akhir 2024 menjadi 80,5 persen pada Mei 2025.

Polri Kejar Target Pembangunan 200 SPPG MBG Tahun 2025

Pelanggaran lalu lintas, khususnya kendaraan over Dimensi dan over load menunjukkan penurunan di berbagai wilayah yang telah menerapkan penegakan hukum digital. Keberhasilan ini tidak terlepas dari komitmen kuat untuk menghadirkan pemolisian lalu lintas yang modern dan adaptif, sebagai bagian dari implementasi Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025–2045 dan dukungan terhadap visi Indonesia Emas 2045.

Kakorlantas Polri Irjen Agus menegaskan bahwa seluruh langkah dan kebijakan yang dijalankan Korlantas saat ini dirancang selaras dengan arah pembangunan nasional jangka panjang.

DPR Apresiasi Kinerja Polri, Singgung Modernisasi Teknologi dan Pengawasan Anggaran

Kakorlantas Polri Irjen Agus Suryonugroho

Photo :
  • Istimewa

Dengan menjabarkan grand strategy Polri menuju Indonesia Emas 2045, Korlantas memfokuskan upaya pada reformasi layanan lalu lintas berbasis teknologi, data, dan kepedulian terhadap keselamatan masyarakat.

Pakar Hukum Ungkap Faktor Kejaksaan Agung Masih Dipercaya Publik

Pemolisian lalu lintas yang modern dan adaptif diterapkan melalui penggunaan teknologi seperti perluasan sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), serta penguatan sistem digital untuk pelayanan publik seperti SIM online, STNK digital, dan pengawasan kendaraan over dimensi dan over loading. Korlantas juga mulai mempersiapkan sistem hukum dan regulasi untuk mengantisipasi kehadiran kendaraan listrik dan kendaraan otonom di masa depan.

Dalam semangat Presisi Polri, yakni Prediktif, Responsibilitas, Transparansi, dan Berkeadilan, Korlantas mempercepat reformasi internal untuk memulihkan dan meningkatkan kepercayaan publik. Pelayanan yang transparan, mudah diakses, dan akuntabel menjadi prioritas utama.

Kakorlantas juga merangkul media sebagai mitra strategis sekaligus pengawas kebijakan. Keterbukaan informasi dan ruang bagi kritik membangun menjadi bagian penting dari tata kelola Korlantas yang modern. Korlantas Media Center dibuka sebagai jembatan komunikasi aktif antara kepolisian dan masyarakat melalui peran jurnalis dan media.

Upaya nyata di lapangan pun terus dilakukan. Dari edukasi keselamatan lalu lintas melalui program Polantas Mengajar di sekolah, hingga penambahan perangkat ETLE di jalur rawan kecelakaan dan peluncuran unit mobile command center berbasis kecerdasan buatan. Semua itu merupakan bentuk tanggung jawab institusi dalam menciptakan lalu lintas yang aman, tertib, dan manusiawi.

“Pemolisian lalu lintas yang modern dan adaptif bukan slogan, tapi kerja nyata yang terus kami jalankan. Kami ingin hadir sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan publik yang relevan dengan tuntutan zaman. Untuk itu, kami juga butuh dukungan dari seluruh masyarakat," kata Agus.

Melalui pendekatan yang inovatif, responsif, dan berbasis kolaborasi, Korlantas Polri di bawah kepemimpinan Irjen Agus siap menjadi bagian dari perjalanan bangsa menuju sistem transportasi nasional yang lebih cerdas, selamat, dan berkelanjutan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya