Misi PM Gillard ke RI: Nasib 'Ratu Mariyuana'

Julia Gillard Siap Menangi Pemilu Australia
Sumber :
  • AP Photo/Mark Graham

VIVAnews -- Untuk pertama kali sebagai Perdana Menteri Australia, Julia Gillard akan mengunjungi Indonesia, 1-2 November 2010.
Selain meningkatkan hubungan bilateral dua negara dan membahas persoalan imigran gelap, Bu Perdana Menteri juga punya agenda lain: menyelamatkan nasib 'Ratu Mariyuana', Schapelle Leigh Corby.

Secara personal, Gillard akan melobi Presiden, Susilo Bambang Yudhoyono agar memberi pengampunan pada Corby. "Ini demi alasan kemanusiaan," kata juru bicara Gillard seperti dimuat situs The Australian, Minggu 24 Oktober 2010 malam.

Langkah Gillard melanjutkan program pendahulunya, mantan Perdana Menteri Australia, Kevin Rudd.

Saat memerintah, Rudd memiliki hubungan erat dengan pemerintahan Yudhoyono dan konsisten  memperjuangkan pengampunan bagi Corby dan anggota  komplotan Bali Nine -- yang tiga di antaranya divonis mati.

Kini, meski  'turun pangkat' jadi Menteri Luar Negeri, usaha Rudd tak surut.

Dalam statemen tertulis pada The Australian, Rudd mengatakan  pemerintah Australia menegaskan sikapnya mendukung  pengampunan untuk Corby. 

"Tapi, kami ingatkan, putusan untuk memberikan pengampunan ada di tangan Presiden Indonesia," kata Rudd.

Ditambahkan dia, pemerintah melalui Konsul Jenderal Australia di Bali akan memberikan upaya semaksimal dalam kasus Corby.

Caranya, petugas konsuler memonitor kesehatan dan kondisi Corby di dalam penjara di Lapas Kerobokan, Bali. Juga secara intensif melakukan komunikasi dengan kakak perempuan  Corby, Mercedes yang tinggal di Bali.

"Pihak penjara di Bali secara konsisten bersikap kooperatif dan  responsif pada petugas konsuler yang mengunjungi warga  Australia yang dipenjara di sana." 

Kasus Corby jadi perhatian warga Australia -- terutama saat ia dikabarkan menderita depresi di dalam penjara. Pada 2005, Corby divonis pidana 20 tahun karena  menyelundupkan 4,2 kilogram mariyuana ke Bali melalui tas selancarnya.

Sejak kali pertama di tahan, Corby mendapatkan remisi selama 17 bulan. Meski dinyatakan bersalah, Corby tetap mengaku tak bersalah.

Bagaimana peluang Corby mendapatkan pengampunan? Presiden Indonesia berhak memberikan pengampunan -- menghapus atau mengurangi hukuman seorang terpidana. 

Namun dalam 6 tahun ini, Yudhoyono tak pernah memberikan pengampunan pada terpidana kasus obat telarang.

Terpilih Jadi Ketua SC BPD-SI, Dirut Bank Sumut Siap Berikan Kontribusi Positif Pertumbuhan Ekonomi
VIVA Militer: Tank tempur Israel di kota Rafah, Jalur Gaza selatan

Israel Bombardir Rafah, Peringatan AS Diabaikan

Pasukan Israel membombardir wilayah Rafah, pada Kamis, 9 Mei 2024 ketika Benjamin Netanyahu mengabaikan ancaman Presiden AS, Joe Biden untuk menahan pasokan senjata.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024