Hari Ini, BHD Serahkan Kepemimpinan Polri

Irjen Pol. Timur Pradopo
Sumber :
  • Antara

VIVAnews -- Kepemimpinan Jenderal Bambang Hendarso Danuri telah (BHD) berakhir dengan dilantiknya Komisaris Jenderal Timur Pradopo Jum'at, 22 Oktober lalu. Kini, kepemimpinan Korps Bhayangkara itu dipegang mantan Kapolda Metro Jaya itu.

Namun, masih ada beberapa acara yang belum dilakukan dalam rangka serah terima jabatan dari Bambang Hendarso ke Timur Pradopo. Hari ini, Senin 25 Oktober 2010, giliran penyampaian memori jabatan.

Media Asing Beri Julukan untuk Timnas Indonesia U-23: Tim Pengacau

"Penyampaian memori ini dilaksanakan hari ini jam sembilan di Gedung Rupatama Mabes Polri," kata Kepala Bidang Penerangan Umum Polri, Kombes Pol Marwoto Soeto, ketika dihubungi Minggu 24 Oktober 2010 malam.

"Acara akan dilanjutkan dengan jumpa pers Kapolri pada jam sebelas siangnya."

Marwoto mengatakan, penyampaian memori serah terima ini merupakan awal dari rangkaian serah terima jabatan Kapolri. Upacara serah terima jabatan Kapolri sendiri baru digelar pada Rabu, 27 Oktober mendatang.

"Upacara serah terima jabatan dan tradisi dilaksanakan di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok," kata dia.

Nama Timur Pradopo merupakan calon tunggal yang diajukan SBY kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sebagai Kapolri menggantikan Bambang Hendarso yang memasuki masa pensiun.

Timur diajukan sebagai calon setelah SBY menolak dua nama yang diajukan oleh Polri sebagai calon kapolri, yakni Irwasum Polri Komjen Pol Nanan Soekarna dan Kepala Lembaga Pendidikan Polri Komjen Pol Imam Sudjarwo.

Penunjukan Timur sebagai calon Kapolri dimulai pada 5 Oktober silam.

Waktu itu, BHD mendadak meninggalkan rapat kabinet saat rapat di Istana Negara masih berlangsung. Mabes Polri pun saat itu juga melakukan rotasi di jajarannya. Timur yang saat itu menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya mendadak dipromosikan sebagai Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan.

Saat itu juga pangkat Timur dinaikkan dari Inspektur Jenderal yang berbintang dua menjadi Komjen  yang menyandang bintang tiga. Pada hari itu juga, publik mengetahui bahwa nama Timur diajukan oleh SBY sebagai calon tunggal kapolri ke DPR.

Jalan Timur menjadi Kapolri semakin mulus. Pasalnya, dalam uji kelayakan dan kepatutan yang digelar di Komisi III DPR pada 14 Oktober seluruh fraksi menyetujui Timur sebagai Kapolri meskipun dengan beberapa catatan.

Nurul Ghufron

Dewas KPK Gelar Sidang Etik Nurul Ghufron 2 Mei terkait Dugaan Penyalahgunaan Wewenang

Ternyata soal dugaan kasus pelanggaran etik Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron di Dewas KPK masih terus bergulir. Kabarnya, sidang pelanggaran etik tersebut akan digelar pada

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024