Besok Boediono Tinjau Merapi

Boediono dan juru bicara Wakil Presiden Yopie Hidayat
Sumber :
  • Antara/ Saptono

VIVAnews - Wakil Presiden Boediono akan meninjau lokasi gunung Merapi, guna memeriksa persiapan mengantisipasi terjadinya letusan.   "Besok (Selasa 26 Oktober 2010) Wapres ke sana untuk lebih memastikan  segala persiapan, termasuk anggaran untuk sanitasi dll," kata Menteri Koordinator Kesra Agung Laksono di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin 25 Oktober 2010, sesaat sebelum melepas Presiden SBY  terbang ke Vietnam dan China.

Menurut Agung, pemerintah pusat akan mendukung penuh tindakan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta. Bersama pemerintah DIY,  kata Agung, pemerintah pusat sudah mempersiapkan semua hal termasuk jika kondisi terburuk akan terjadi.

Apalagi, lanjut Agung, "DIY sudah ada pengalaman." Agung berjanji akan menanggani masalah ini secara baik, bahkan  lebih baik lagi dari tanggap darurat sampai rehabilitasi dan rekonstruksi," jelas Agung.

Terhitung sejak pukul 06.00 WIB hari ini, Senin 25 Oktober 2010, status Gunung Merapi dinaikkan dari Siaga menjadi Awas. Setelah mendapatkan surat pemberitahuan dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknlogi Kegunungapian (BPPTK) Yogyakarta, Pemerintah Sleman mengambil langkah cepat. Warga yang berada di daerah rawan bencana Gunung Merapi III langsung dievakuasi.

Sebelum Boediono datang ke sekitar ke lokasi Merapi, Agung Laksono akan terlebih dahulu menuju ke lokasi itu. Rencananya, petang ini menteri yang juga Wakil Ketua Umum Golkar ini beserta Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) akan terbang ke Yogyakarta.

"Sore ini kami ke sana untuk melihat secara langsung persiapan. Harus ada ada persiapan pengungsian dan tanggap darurat," kata Agung.

Agung akan memastikan tenda penampung berfungsi dengan dengan baik, sanitasi juga akan dibuat sebaik mungkin. Agung memperkirakan anggaran penanganan pengungsi Merapi tidak akan banyak.

Persita Vs Persib di Bali, Maung Bandung Diuntungkan?
[dok. PT Jasamarga Transjawa Tol]

Jasa Marga Catat 714 Ribu Kendaraan Sudah Kembali ke Jakarta saat Arus Balik Lebaran

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat bahwa sudah ada sebanyak 714.093 kendaraan yang sudah kembali ke wilayah Jabodetabek selama tiga hari pasca Lebaran tahun 2024.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024