Jusuf Kalla ke Mentawai Lewat Bengkulu

Jusuf Kalla, saat itu ketua Palang Merah Indonesia (PMI).
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Ketua Umum Palang Merah Indonesia, Jusuf Kalla, hari ini akan berangkat menuju kawasan terkena tsunami di Mentawai, Sumatera Barat.

3 Skenario Timnas Indonesia U-23 Tembus Olimpiade 2024

JK naik helikopter bersama rombongan relawan dari Mukomuko, Bengkulu. Mukomuko merupakan jalur alternatif untuk tempat evakuasi dan mengobati para korban gempa dan tsunami Mentawai, Sumatera Barat. Dari Mukomuko ke Mentawai bisa ditempuh hanya dalam waktu 30 menit perjalanan helikopter, lebih cepat setengah jam daripada jalur ke Padang, Sumatera Barat, yang bisa memakan waktu satu setengah jam.

Direncanakan, Minggu pagi ini, 31 Oktober 2010, tim helikopter PMI akan segera menuju Sikakap di Pagai Utara, Mentawai. Lokasi ini adalah basecamp para relawan dan pos distribusi bantuan PMI. Ketua Umum PMI Jusuf Kalla akan menyampaikan bantuan langsung kepada para korban tsunami di Mentawai.

Memasuki hari ke-6 pascatsunami di Kepulauan Mentawai, beberapa wilayahnya masih sulit dijangkau. PMI dengan segera mengerahkan fasilitas dukungan berupa  helikopter untuk operasional tanggap darurat bencana tsunami di sana.

“Ada banyak wilayah terpencil di Kepulauan Mentawai yang belum terjangkau. Sementara itu, dikhawatirkan ada banyak warga korban tsunami yang butuh bantuan. Untuk mendukung layanan bantuan kemanusiaan, PMI mengerahkan 4 unit helikopter untuk dimobilisasi membantu korban tsunami di Kepulauan Mentawai,” ujar Pengurus Pusat PMI Bidang Penanggulangan Bencana Sumarsono dilansir laman PMI.

Berdasarkan data yang dilansir dari Posko Penanganan Tsunami Kecamatan Sikakap, Pagai Utara per 30 Oktober 2010, sebanyak  413 warga meninggal dunia, 270 luka berat, dan sekitar 140 orang mengalami luka ringan karena bencana tsunami menerjang Kepulauan Mentawai. Proses evakuasi dan distribusi bantuan terus dilakukan oleh para relawan PMI di sana.

Salshabilla Adriani.

Diisukan Jadi Orang Ketiga, Salshabilla Adriani Ngaku Udah Ngobrol Sama Syifa Hadju-Rizky Nazar

Menyadari posisinya kini tengah menjadi sorotan, Salshabilla Adriani memberikan klarifikasi yang menyatakan bahwa ia tidak menyangka tiba-tiba terseret gosip miring.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024