FOTO: Insiden Jatuhnya Serpihan Qantas

Qantas
Sumber :
  • AP Photo / Wong Maye-E

VIVAnews - Insiden rusaknya mesin pesawat Qantas Airbus A 380 rute Singapura-Sydney mengagetkan warga Batam Kota. Serpihan tubuh pesawat berukuran lumayan besar berjatuhan dari langit. Selain potongan badan pesawat, juga ada logam yang diduga merupakan bagian mesin pesawat.

"Saya mendengar ada suara ledakan keras. Saya kira ada yang meledak, tapi saat saya mendongak, saya melihat pesawat terbang. Pesawat itu mengeluarkan asap," kata Ricky, warga Batam, seperti dimuat The Age, Kamis, 4 November 2010.

Lalu, tambah dia, tiga sampai empat potongan besi jatuh dari langit. "Tiap potongan panjangnya lebih dari satu meter."

Untungnya, pesawat dengan nomor penerbangan QF32 itu akhirnya berhasil mendarat darurat secara mulus, meski dramatis, di Bandara Changi, Singapura, pukul 11.45 waktu setempat. 

Saksi mata melaporkan, pesawat mengeluarkan asap saat mendarat di landasan. Enam mobil kebakaran langsung menyemprotkan cairan berwarna cokelat ke seluruh badan pesawat.

Sebelum menyentuh landasan, pesawat sempat berputar-putar di langit Indonesia, untuk membuang bahan bakar.

Juru bicara Qantas, Olivia Wirth, mengaku ada masalah dengan salah satu mesin pesawat. "Ada masalah dengan mesin nomor dua, dan mesin itu langsung dimatikan, serta pesawat tiba dengan selamat," kata Wirth seperti dikutip ABC News.

Lihat foto-foto insiden mendebarkan pesawat Qantas itu di sini.

Menko Airlangga Bertemu Menlu Singapura, Optimis Kerja Sama Bilateral Kedua Negara Terjalin Kuat

(kd)

Istimewa

Prabowo Dapat Ucapan Selamat dari Menlu Singapura Atas Kemenangan di Pilpres 2024

Kedatangan Menlu Singapura beserta jajaran ke Kementerian Pertahanan disambut langsung Prabowo.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024