Keraton Yogya Siap Tampung Pengungsi

Sri Sultan Hamengkubuwono X
Sri Sultan Hamengkubuwono X
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sekaligus Raja Keraton Yogyakarta mempersilakan warga yang berada pada zona rawan bencana Merapi menggunakan alun-alun utara keraton Yogyakarta sebagai tempat pengungsian.

Bahkan Pegilaran yang biasa digunakan untuk jamuan makan maupun pertunjukan tari karya dari para raja keraton Yogyakarta juga ikut ditawarkan bagi pengungsi.
 
“Silakan saja jika memang alun-alun utara atau pagelaran keraton jika ingin digunakan untuk pengungsian,” kata Sultan Hemangkubuwono X di Sleman, DIY, Sabtu, 6 November 2010
 
Tak hanya bagi warga yang masuk zona rawan bencana erupsi merapi seluas 20 kilometer dari puncak merapi, Sultan juga mempersilakan warga bantaran Kali Code yang terkena dampak akibat banjir lahar dingin mengungsi ke keraton.
 
“Warga yang berada di pinggiran Kali Code agar waspada, jika ingin mengungsi silakan menggunakan alun-alun utara atau pagelaran keraton,” pintanya kepada masyarakat.
 
Sementara itu Wali Kota Yogyakarta Hery Zudianto menyatakan telah menyediakan 58 titik evakuasi di 14 kelurahan yang ada di delapan kecamatan untuk warga bantaran Code.
 
“Kita memperkirakan ada 13.000 warga Kota Yogyakarta yang tinggal di pinggiran Code terancam banjir lahar,” terangnya.

Laporan: Juna Sanbawa | Sleman