Tifatul Imbau Warga Berkurban untuk Pengungsi

MERAPI MELETUS LAGI
MERAPI MELETUS LAGI
Sumber :
  • FOTO ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

VIVAnews -  Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring mengimbau pada umat muslim yang akan melaksanakan pemotongan hewan qurban Iedul Adha agar menyalurkan hasilnya ke posko pengungsian.

Hal ini ditekankannya sebagai salah satu bentuk empati dan solidaritas sesama warga Indonesia, terutama meringankan beban yang dialami pengungsi yang jumlahnya mencapai 100 ribu orang.

"Kalau cuma disalurkan di kota-kota besar seperti Jakarta atau Bandung, sudah biasa. Mereka kan sering ketemu daging. Sekali-kali lebih baik berbagi dengan saudara-saudara kita yang sedang dilanda bencana dan mengalami kesusahan", kata Tifatul di Jakarta, Sabtu 6 November 2010.

Seperti diketahui, setiap tahun hampir tiap masjid dan mushola di sekitar Jabotabek mengumumkan jumlah kurban sapi cukup banyak. "Ada yang sampai 10 ekor, dua belas bahkan ada yang jumlah kambingnya mencapai 50 ekor," kata Tifatul.

"Barangsiapa yang ingin diangkat segala kesulitannya, hendaklah ia meringankan kesusahan sesama," tandasnya mengutip salah satu Hadits Rasul. "Saya sendiri berencana akan mengirimkan hewan kurban saya untuk para korban letusan gunung Merapi," pungkasnya.

Perkembangan di sekitar Gunung Merapi semakin memburuk, bahkan jumlah korban meninggal terus bertambah hingga 145 orang per pukul 21:00 WIB. Korban luka bakar serta pengungsi yang menyesaki tempat-tempat penampungan semakin nyata membutuhkan bantuan.