Menhub: Tak Ada Abu, Soekarno-Hatta Aman

Pesawat di Bandara Soekarno Hatta
Pesawat di Bandara Soekarno Hatta
Sumber :
  • VIVAnews/Maryadi

VIVAnews - Menteri Perhubungan Freddy Numberi membantah aktivitas Bandara Internasional Soekarno Hatta terganggu abu vulkanis yang disemburkan Gunung Merapi.

"Ada beredar Cengkareng tutup dan itu tidak benar. Karena Bandara Soetta tidak terkena dampak dari hujan abu sampai dengan saat ini," ujarnya usai mengikuti rapat bersama Presiden SBY dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana di Gedung Agung, Yogyakarta, 6 November 2010.

Menurut dia, pihaknya terus melakukan kerjasama dengan pihak BMKG, dan Badan Vulkanologi dari Kementerian ESDM. "Kita monitor betul pergerakan dari awan panas serta debu vulakanik itu. Ternyata memang ke arah barat tapi kemudian belok ke laut Hindia. Jadi Bandara Soetta aman," kata dia.

Namun, dirinya membenarkan jika ada tiga maskapai asing yang tidak terbang ke Indonesia, antara lain Singapura Airlines , Cathay Pasific dan Emirates. "Ketiga maskapai itu takut atas peristiwa pesawat Qantas di Batam. Ditambah lagi, pihak Australia mengeluarkan peringatan terbang dikaitkan pergerakan vulkanik Merapi," ungkapnya.

Namun, pemerintah telah  membuat klarifikasi bahwa bandara Soetta aman dari aktivitas vulkanik Gunung Merapi. "Malam hari ini juga Garuda terbang ke Jepang dan Dubai dari Soetta dan tidak ada masalah. Jadi saya pikir ini hanya sebuah kekhawatiran yang berlebihan," ujarnya.

Tercatat 16 maskapai asing membatalkan penerbangan ke Indonesia. Akibatnya sebanyak 46 jadwal penerbangan berantakan.