SBY Janji Ganti Semua Kerusakan Pengungsi

Presiden SBY di lokasi pengungsi Merapi, Purwobinangun, DIY
Presiden SBY di lokasi pengungsi Merapi, Purwobinangun, DIY
Sumber :
  • Rumah Tangga Presiden/Abror Rizky

VIVAnews - Pemerintah sudah berjanji akan membeli semua hewan ternak milik pengungsi dari lereng Gunung Merapi. Kini, pemerintah pusat juga berjanji akan mengganti seluruh biaya kerusakan yang dialami para pengungsi lereng Merapi.

"Pemerintah akan membangun kembali rumah yang rusak. Kami sudah punya anggaran," kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saag mengunjungi pengungsi di Stadion Maguwoharjo, Yogyakarta, Minggu 7 November 2010.

SBY yang berbicara menggunakan masker tampak didampingi Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X yang tidak menggunakan masker. SBY berjanji, pemerintah akan mengganti semua kerusakan materi yang diderita pengungsi.

SBY mengingatkan kepada ribuan pengungsi di Stadion Maguwoharjo, bahwa letusan yang terjadi kali ini sangat berbeda dari sebelumnya. Perbedaan dapat dilihat dari lama periode letusan, letusannya itu sendiri, hingga 'wedhus gembel'nya.

"Jadi, saya meminta kepada pengungsi agar tetap bersabar. Kami sekuat tenaga akan berupaya," jelas SBY yang didampingi Ibu Negara.

SBY meminta kepada pengungsi untuk tetap berada di lokasi pengungsian. Jangan ada yang kembali lagi ke kediamannya di lereng Merapi yang sudah diberi zona bahaya 20 kilometer.

"Sampai menunggu waktu Gunung Merapi normal kembali. Lebih baik seperti ini, tapi aman daripada buru-buru kembali sampai belum dinyatakan aman," kata SBY. (hs)