Foto: Beruntung, Pesawat Ini Tak Meledak

Kerusakan parah di pesawat Qantas
Kerusakan parah di pesawat Qantas
Sumber :
  • Airbus

VIVAnews - Kamis 4 November 2010, warga kota Batam dikejutkan dengan penemuan serpihan pesawat besar di tujuh lokasi di Kawasan Batam Centre.

Belakangan diketahui, itu adalah serpihan pesawat Airbus A380 milik maskapai Qantas. Pesawat bernomor penerbangan QF32 dengan rute Singapura-Sydney ini lalu mendarat darurat dengan dramatis di Bandara Changi. Beruntung, tak ada korban tewas saat itu.

Hasil pengujian menyebutkan, ada kerusakan mesin Rolls-Royce di pesawat tersebut. Ini sangat fatal. Bahkan, Kepala Asosiasi Insinyur Pesawat Australia mengatakan penumpang pesawat nahas tersebut beruntung, mereka tidak tewas.

Investigasi awal Airbus mengungkapkan, ada benda tajam memotong pipa bahan bakar, nyaris mengenai tangki bahan bakar di sayap pesawat dan mengganggu sistem kontrol pesawat.

Foto kondisi pesawat yang dikeluarkan Airbus menunjukkan kulit pesawat bagian sayap terkelupas, mesin rusak, dan pipa bahan bakar terputus.

Richard Woodward dari asosiasi pilot, Australian and International Pilots Association mengatakan, selain menunjukkan kerusakan parah, foto-foto tersebut memperlihatkan kekuatan sayap A380.

"Ini adalah bukti dari kekuatan dan redundansi pesawat untuk bertahan dari kerusakan buruk, terbang dengan cukup baik, dan mendarat dengan selamat," kata dia, seperti dimuat situs ABC News, Jumat 19 November 2010. 

Sementara itu, sekretaris insinyur penerbangan, Australian Licensed Aircraft Engineers Association, Steve Purvanis mengatakan insiden tersebut bisa berakhir fatal.

"Jelas dengan bahan bakar memancar keluar dari tangki bahan bakar di sana dan beberapa komponen yang sangat panas, sangat beruntung pesawat tidak sampai meledak. Beruntung bahan bakar di sayap tidak menyala," katanya.

Purvanis menambahkan, para penumpang dan awak kapal itu mungkin tidak menyadari betapa seriusnya situasi itu. "Saya bisa menyatakan, dari foto-foto yang saya lihat, mereka sangat beruntung karena masih hidup hari ini," tuturnya. (art)

Kerusakan di mesin pesawat Qantas

 

Kerusakan parah di pesawat Qantas

Lihat juga: Foto serpihan pesawat Qantas di Batam