Biaya Pembersihan Borobudur Rp 348 Juta

Borobudur tertutup abu vulkanik Merapi
Sumber :
  • ANTARA/Anis Efizudi

VIVAnews - Pembersihan abu vulkanik yang menutupi permukaan Candi Borobudur adalah upaya penyelamatan terhadap aset kebudayaan nasional.

Diam-diam Ternyata Israel Terima Sumbangan yang Sangat Besar, Ini Dia Sumbernya

Balai Konservasi Peninggalan Borobudur mengungkapkan, pembersihan permukaan candi peninggalan Kerajaan Mataram kuno itu memakan biaya sebesar Rp348 juta.

Menurut Kepala Seksi Pelayanan Teknis Balai Konservasi Peninggalan Borobudur Iskandar M Siregar, dana sebesar Rp248 juta berasal dari dana internal Balai Konservasi, yang digunakan untuk membiayai tenaga tim dan peralatan.

Cinema XXI Tebar Dividen 2023 Rp 666 Miliar

"Kita tidak ada dana tanggap darurat, baru dana APBN dari kantor kita," kata Iskandar, di kompleks Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu 20 November 2010.

Adapun sisanya, kata Iskandar, didapat dari pemerintah pusat yang memberikan bantuan senilai sekitar Rp100 juta. Bantuan itu berupa alat-alat seperti pompa air, genset, dan vacuum cleaner.
Bank Muamalat Cetak Laba Rp 14,1 Miliar pada 2023, Aset Tumbuh 9 Persen

Candi Borobudur tertutup abu vulkanik pada letusan Gunung Merapi tanggal 4 November lalu. Petugas pun langsung menutup Borobudur. Adapun Pembersihan Borobudur dari abu vulkanik dimulai sejak 11 November yang lalu. 

Tim yang melakukan pembersihan, seluruhnya berjumlah 60 orang, termasuk para pengawas arkeologi. "Ini hanya tenaga ahli yang kita punya," kata Iskandar.

Hingga kini, baru 20 meter kubik abu vulkanik yang telah berhasil dibersihkan. atau sekitar 7,5 persen dari total debu vulkanik yang menutupi Candi Borobudur. 

Bagian candi yang telah berhasil dibersihkan baru bagian undak dan selasar, sementara untuk bagian rupadatu dan arupadatu di bagian atas belum dibersihkan. "Kita perkirakan kegiatan pembersihan selesai dalam waktu tiga sampai empat minggu," kata Iskandar. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya