"Segera Tangani Korban Banjir Lahar Dingin"

Banjir lahar dingin Merapi
Sumber :
  • ANTARA/Anis Efizudin

VIVAnews - Ketua Komisi VIII DPR RI, Abdul Kadir Karding mengharapkan pemerintah bergerak cepat untuk menangani korban banjir lahar dingin yang terjadi di Kali Putih, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang.

"Kalau tidak tertangani secara cepat nanti eskalasi korban akan terus bertambah mengingat sekarang sedang musim hujan dan bisa terjadi banjir lagi," kata Karding di Dusun Gempol, Desa Jumoyo, Kecamatan Salam, DIY, Selasa.

Pemerintah harus segera menangani pengungsi yang menjadi korban banjir, seperti halnya memberikan bantuan. Nah, setelah itu pemerintah juga harus melakukan pemulihan ekonomi warga pengungsi. "Nanti pemerintah jangan sampai terlambat menangangi pengungsi," harap dia.

Karding juga menambahkan bahwa masyarakat yang tinggal di sekitar sungai juga menginginkan supaya aliran yang berbelok-belok itu dilakukan pelurusan. Karena dengan pelurusan aliran sungai bisa mengurangi terjadinya luapan banjir di Kali Putih.

Selain itu, adanya keinginan pelurusan aliran sungai dari warga masyarakat sekitar bantaran sungai juga perlu dikaji. "Yang penting saat ini pemerintah harus cepat menangani korban banjir lahar dingin ini," ujar politisi PKB ini.

Bagi Karding, solusi yang paling kongkrit menangani banjir lahar dingin Kali Putih ini ada dua. "Yakni aliran sungai diluruskan dan penanganan pengungsi secara cepat," tegas Karding.

Laporan: Fajar Sodiq l DIYm umi

Nikita Mirzani Ngaku Dapet Kekerasan dari Rizky Irmansyah, Lita Gading: Lapor Jangan Koar-koar
VIVA Militer: Rudal hipersonik Iran gagal dibendung sistem Iron Dome Israel

Ledakan Terdengar di Irak hingga Suriah Imbas Serangan Israel ke Iran

Israel telah melakukan serangan udara terhadap sasaran di Iran. Hal ini dikonfirmasi oleh para pejabat AS.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024