Migrant Care: Rb Mengaku Diperkosa

TKW NTT
Sumber :
  • VIVAnews/ Adri Irianto

VIVAnews - Perhimpunan Indonesia untuk Buruh Migran Berdaulat (Migrant Care) membeberkan hasil investigasi kasus perkosaan yang diduga dilakukan salah satu menteri Malaysia terhadap seorang TKW Indonesia tahun 2007 lalu.

"Pada tahun 2007 Migrant Care memang melakukan investigasi kepada pekerja migran yang bernama Rb," ujar Anis Hidayah Direktur Eksekutif Migrant Care, dalam konperensi pers di Jakarta, Jumat, 7 Januari 2011.

Bukan tanpa dasar Migrant Care melakukan invesitigasi. Alasannya, kata Anis, "Karena kami mendapat pengaduan dari keluarga korban pada 2007 kepada pihak KBRI di Malaysia dan selang beberapa hari kemudian KBRI meminta Migrant Care untuk melakukan investigasi kasus ini."

Berdasarkan pengaduan keluarga korban, tercatat Rb pernah bekerja di Malaysia selama delapan tahun. Dia bekerja di rumah seorang menteri Malaysia dan mengaku mengalami satu tindak perkosaan.

Migrant Care mulai menginvestigasi kasus ini pada bulan Juli 2007 dan menemui korban secara langsung. "Ada pengakuan perkosaan, tapi ada permintaan dari korban bahwa dirinya tidak ingin kasusnya diungkap ke ranah publik dan tak ingin kasusnya dibawa ke ranah hukum di Malaysia," kata Anis.

Migrant Care membantah telah mempublikasikan hasil investigasi ke pihak manapun. Mereka hanya menyerahkannya kepada pihak berwenang.

"Kami hanya melapor ke Mabes Polri, Dir. III Bareskrim dengan meminta upaya perlindungan sekiranya itu diperlukan. Kedua, kepada pihak KBRI di Kuala Lumpur," kata dia.

Kasus ini mulai ramai setelah salah satu situs berita Malaysia, Harakah Daily, melansir bocoran dokumen itu dari WikiLeaks. WikiLeaks dikabarkan mengacu pada blog Ahirudin Attan alias Rocky Bru, blogger Malaysia yang juga mantan Pemimpin Redaksi The Malaysia Mail.

Nama Menteri Informasi, Komunikasi dan Kebudayaan Malaysia Rais Yatim, disebut-sebut di sejumlah blog, dan laman berita alternatif Malaysia sebagai pelaku perkosaan itu. Media yang melansir berita itu antara lain Asian Sentinel dan Free Malaysia Today

Namun, Menteri Rais Yatim membantah keras tudingan itu. "Saya menafikan sembarang tuduhan tersebut, sama ada yang berkaitan tuduhan memperkosa mana-mana individu empat tahun dahulu atau lain-lain dakwaan yang dicetuskan penulis liar blog di Internet atau mana-mana entiti politik," kata Rais, seperti dikutip kantor berita Bernama dan juga dimuat di laman harian Utusan Malaysia, Rabu, 5 Januari 2011. (kd)

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024