Banjir Lahar Dingin, Muntilan Terisolir

Kali Code, Jogja
Sumber :
  • Antara/Wahyu Putro

VIVAnews - Kawasan Muntilan terisolir menyusul banjir lahar dingin dari hulu sungai Gunung Merapi. Ini terjadi setelah terjadi penutupan jalan di dua titik yang menghubungkan jalan utama antara Yogyakarta dan Magelang.

Titik penutupan pertama dilakukan di pintu masuk Muntilan dari arah Magelang. Ini dilakukan setelah terjadi peningkatan volume dan arus lahar dingin di Kali Pabelan, Srumpung, Muntilan.

Sedangkan titik penutupan kedua dilakukan di pintu masuk Muntilan dari arah Yogyakarta. Ini dilakukan akibat peningkatan volume lahar dingin yang mengalir ke Kali Putih, Gempol, Jumoyo, Salam.

Kondisi itu membuat sejumlah pengguna jalan terjebak di antara dua titik penutupan. Sebagian pasrah menunggu hingga jalur dibuka. Namun, sebagian berusaha mencari jalan alternatif untuk keluar dari kekacauan lalu lintas di sekitar kawasan itu.

Selain derasnya lahar dingin yang mengancam masuk ke pemukiman dan jalan raya, aliran itu juga membuat sejumlah warga panik. Aliran lahar dingin yang membawa material bebatuan dengan ukuran cukup besar memicu getaran di sekitar sungai.

Sejk erupsi Gunung Merapi, beberapa kali terjadi penutupan akses jalan utama Yogyakarta dan Magelang. Banjir lahar dingin tak jarang masuk ke badan jalan dan meninggalkan material lumpur dan bebatuan hingga lebih satu meter. 

Daftar Harga Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross Baru April 2024

Laporan: Fajar Sodiq| Yogyakarta

Ketua DPD Gerindra Jawa Timur Anwar Sadad.

MK Tolak Gugatan Pilpres, Gerindra Jatim: Saatnya Semangat Memajukan Bangsa

Putusan MK tersebut bersifat final dan mengikat.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024