Menteri Hukum Sambut Baik Usulan Gayus

Gayus Tambunan
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Menteri Hukum dan HAM, Patrialis Akbar, menyambut baik usulan Gayus Tambunan untuk membongkar mafia hukum di Indonesia.

Vokasi Industri Kemenperin Buka Pendaftaran Sampai 31 Mei

Menurutnya, pemerintah harus memberikan apresiasi secara resmi.
"Kalau Gayus membongkar semua persoalan mafia, itu yang kita tunggu," ujarnya, Senin 10 Januari 2011.
 
Menurut Patrialis, pemberantasan mafia hukum yang harus diutamakan, bukan mempersoalkan keinginan Gayus membantu Polri, Kejaksaan Agung, dan Komisi Pemberantasan Korupsi. "Pemberantasan mafia yang penting, jangan kasus ecek-ecek seperti ke luar negeri," ujarnya.

Ditambahkan Patrialis, niat baik Gayus untuk membantu pemberantasan mafia hukum harus disambut baik dan tidak perlu bergeser ke mana-mana. Mengenai pemberian keringanan hukuman pada Gayus, Patrialis juga menegaskan dapat dipertimbangkan.

Meski demikian, menurut Patrialis, keinginan Gayus untuk menjadi staf ahli tidak mungkin dapat diwujudkan. Hal yang penting adalah mendorong agar Gayus bisa membongkar semua kasus besar, termasuk mafia perpajakan.

"Bisa ribuan triliun atau ratusan triliun yang diselamatkan. Pokoknya kita dorong Gayus untuk mebongkar semua kasus besar," ujarnya.

Keinginan Gayus jadi staf ahli disampaikannya dalam pembacaan duplik di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin siang.  "Saya minta dijadikan staf ahli Kapolri, Jaksa Agung, atau Ketua KPK," kata Gayus.

Dia pun mengumbar janji apabila keinginannya terkabul,  dalam dua tahun Indonesia bersih. "Bukan hanya kakap, paus atau hiu saya tangkap," ujar dia.

Kapolri Jenderal Timur Pradopo menganggap pernyataan Gayus gertak sambal semata. Apalagi, selama ini pengakuannya terus berubah-ubah.

Jaksa Agung Basyrif Arief menganggap keinginan Gayus itu jelas tak dapat diterima. Tapi, kata dia, bila Gayus ingin memberi informasi penting, kejaksaan siap mempelajarinya.

Chandrika Chika

Viral Obrolan Lawas Billy Syahputra dengan Chandrika Chika, Ibunya Singgung Soal Narkoba

Saat itu ibunda Chandrika Chika berharap putrinya bisa lebih selektif dalam memilih teman pergaulan. Sebab berdasarkan penuturan Chika, dia ingin masuk ke semua pergaulan

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024