Api di Ambarukmo Plasa dari Lantai Dua

Simulasi Bencana Tsunami dan Kebakaran
Sumber :
  • Antara/Eric Ireng

VIVAnews - Api yang membakar pusat perbelanjaan Ambarukmo Plaza, Jalan Adi Sucipto, Yogyakarta, diduga berasal dari outlet yang berada di lantai dua.

Kebakaran itu membesar sekitar pukul 17.00 WIB, saat kondisi mal ramai. Asap yang mengepul dengan cepat memenuhi pusat belanja dan membuat panik.

"Saya lihat api jam 17.00 WIB, asapnya dari lantai atas dan menyebar ke lantai dasar. Tapi tidak terlihat api," ujar Yudi seorang pegawai makanan cepat saji, Selasa 11 Januari 2010.

Peni Saraswati, karyawan di gerai pakaian menjelaskan, asap meluas dan membuat pandangan tertutup. Banyak karyawan, khususnya yang berada di lantai dua lari berhamburan.

Kejadian ini juga membuat pengunjung ikut lari menyelamatkan diri, meski ada dari mereka yang tidak mengetahui apa yang sedang terjadi.

Delapan unit mobil kebakaran dari Kabupaten Sleman, Bantul, dan kota Yogyakarta dikerahkan. Bahkan, satu mobil penyemprot milik polisi yang biasanya digunakan menyemprot pengunjuk rasa ikut digunakan untuk memadamkan api.

Hingga satu jam lebih, asap masih keluar dari dalam gedung. Jalan dari arah barat ditutup karena banyak pegawai dan pengunjung yang berada di sekitar gedung. Sejumlah kendaraan pemadam kebakaran dan polisi telihat masih mondar-mandir di jalan tersebut.

Sudarsono, Kepala Penannggulangan Kebakaran, Bencana dan Perlindungan Masyarakat Kota yang berada di lokasi menyatakaan, ada beberapa titik api. Saat ini tinggal satu titik api yang masih menyala.

"Kami masih mengkondisikan dan memadamkan titik api, sampai saat ini belum ada korban," kata dia.

Laporan: Erick Tanjung| Yogyakarta

Hakim Guntur Hamzah Tak Terbukti Langgar Kode Etik Meski Punya Jabatan di Asosiasi Pengajar HTN
Alyssa Soebandono

Anutusias Punya Anak Perempuan, Alyssa Soebandono Sampai Lakukan Hal Ini

Menyambut kelahiran anak pertama, Alyssa Soebandono merasa sangat antusias. Diungkap Dude, Istrinya itu sampai membeli baju-baju untuk anak perempuannya tersebut.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024