Migrant Care

Rp1.000, Selamatkan TKW di Kolong Jembatan!

TKW terlantar di Jeddah, Arab Saudi
Sumber :
  • ANTARA/SAPTONO

VIVAnews -- Prihatin atas nasib sekitar 200 TKI yang terlantar di kolong jembatan di Arab Saudi selama 3 bulan lebih, LSM MIgrant Care gelar aksi penggalangan dana "Rp. 1000 Untuk Pemulangan TKI" di Bunderang HI, Jakarta Pusat, Rabu, 12 Januari 2011.

Sambil membentangkan spanduk dan membawa kotak sumbangan, massa aksi berorasi tentang nasib memprihatinkan para TKI yang terlantar.

Aksi yang di mulai sejak pukul 11.00 pagi dan diikuti sedikitnya seratus aktivis Migrant Care menarik perhatian pengguna jalan. Tidak sedikit pengendara yang melambatkan laju kendaraan dan memberikan sejumlah uang ke kotak penggalangan dana yang disediakan.

"Aksi ini untuk melindungi 200 TKI pahlawan devisa yang sudah terlantar di area publik negeri orang selama 3 bulan. Dengan segala keterbatasan, mereka bertahan di sana hanya beralaskan tikar dan menanti uluran tangan sekedar untuk makan," ujar Koordinator Migrant Care, Anis Hidayah, Rabu 12 Januari 2011.

Aksi ini dilakukan, karena Anis menilai pemerintah tidak memiliki komitmen untuk melindungi dan memulangkan mereka yang terlantar di kolong jembatan Arab Saudi.

"Terbukti negara tidak memiliki komitmen dan rasa kemanusiaan untuk melindungi TKI terlantar. Buktinya, tidak ada upaya pemerintah memobilisasi anggaran untuk pemulangan mereka," ujar Anis.

Padahal, nasib 200 TKI tersebut sudah sangat mengenaskan. Para TKI itu telah tersiksa sebelumnya. Ada yang tidak digaji oleh majikannya dan ada yang mengalami penyiksaan sehingga mereka terpaksa lari ke kolong jembatan. "Dan KBRI, saya lihat malah lebih banyak menyalahkan para TKI," ujar Anis.

Mengapa seribu rupiah? "Ini sebagai simbol, bahwa sebenarnya masyarakat peduli dan berapapun nilainya yang disumbangkan merupakan tanda kepedulian masyarakat. Meski cuma seribu rupiah, kalau setiap masyarakat pengguna jalan menyumbang, hasilnya banyak juga," ujar Anis.

Selain melakukan penggalangan di Bunderan HI, Anis mengaku bersama Migrant Care selama sepekan ke depan akan melakukan penggalangan dana ke sekolah-sekolah dan rumah ibadah demi memenuhi biaya pemulangan 200 TKI senilai Rp1,7 miliar.

Mimpi sejumlah TKW mendapatkan keberuntungan di Jeddah, ternyata harus berakhir di kolong jembatan. Bahkan, di kolong jembatan itu pula, dikabarkan, seorang TKW asal Haurwangi, Cianjur, Jawa Barat, Halimah binti Kohar menghembuskan nafas terakhir.

Ia  diberitakan meninggal pada 3 Agustus 2009 pagi waktu setempat akibat sakit paru-paru dan terlantar. Selain itu, TKW asal Wanasaba Lombok Timur, Baiq Rusnawati pada 2010 lalu menderita sakit keras, bertahan hidup di tempat yang tak layak. (hs)

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga
Pertemuan Presiden Jokowi CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson. (foto ilustrasi)

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) received a visit from officials of mining company Freeport McMoran at the Merdeka Palace, Jakarta, on Thursday.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024