Ketua DPR Marzuki Alie

Tokoh Agama Jangan Bawa Umat Lawan Pemerintah

Pelantikan Presiden : Marzuki Alie
Sumber :
  • Vivanews/ Tri Saputro

VIVAnews - Ketua DPR RI dan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Marzuki Alie meminta tokoh-tokoh agama untuk tidak membimbing umat menjauhi pemerintah.

"Pemimpin itu wajib dihormati, dipatuhi, serta didoakan," kata Marzuki di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin, 17 Januari 2010. "Sangat tidak tepat membawa umat untuk melawan pemerintah berdasarkan informasi yang belum jelas."

Hal itu ia kemukakan menanggapi rencana pertemuan Presiden Yudhoyono dengan tokoh-tokoh lintas agama nanti malam. "Kalau ada suatu informasi yang mengganjal, termasuk dari ulama, sangat dianjurkan untuk tabayun--meminta penjelasan atau klarifikasi," tambah Marzuki.

Marzuki meminta masyarakat maklum apabila pemerintah selama ini belum sempurna dalam melaksanakan tugasnya. "Masalah negara ini sedemikian kompleks, dan sistem demokrasi kita masih perlu dibangun. Jadi sangat sulit bagi pemerintah untuk menjalankan misinya," jelasnya.

Pada akhirnya, ia berharap pertemuan pemerintah dengan tokoh lintas agama nanti malam di Istana Negara akan memberikan ketenangan batin bagi umat. Secara terpisah, Wakil Ketua MPR Lukman Hakim Saifuddin juga mengemukakan pendapat senada.

"Dialog antara pemerintah dan tokoh-tokoh agama perlu diapresiasi. Saya harap ada kearifan dari semua pihak untuk mencari solusi guna mengatasi persoalan bangsa ini," kata Lukman. Ia berharap rakyat yang beban hidupnya sudah cukup berat, tidak lagi disuguhi pertikaian antar elit. (kd)

Respons Pelatih Persib Usai Championship Series Liga 1 Dipastikan Pakai VAR
Gedung Bank Indonesia (BI).

Ekonom Proyeksikan BI Bakal Kembali Tahan Suku Bunga Acuan 6 Persen

Bank Indonesia (BI) akan mengumumkan, hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI pada Rabu siang, 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024