Soal Century, SBY Keluarkan Empat Instruksi

Presiden SBY pidato soal kasus Century dan Bibit-Chandra
Sumber :
  • Biro Pers Istana Presiden/Abror Rizki

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kembali mengangkat masalah dana talangan (bailout) ke Bank Century. Dalam Rapat Terbatas dengan menteri, SBY memberikan empat instruksi terkait penanganan kasus ini.

Pertama, kata SBY di Kantor Presiden, Senin 17 Januari 2011, "saya instruksikan menuntaskan semua kegiatan guna merespons hasil Panitia Angket DPR tentang Century."

Drama Penalti Diulang Justin Hubner hingga Penalti Gagal Bikin Deg-degan Suporter Timnas

Maret 2010, DPR sepakat memilih opsi C dalam penuntasan kasus bailout Century. Lihat opsi C di sini.

Kedua, SBY juga meminta agar regulasi dan mekanisme kerja di jajaran pemerintah dituntaskan sesuai rekomendasi DPR, terutama di Kementerian Keuangan. "Hal yang sama juga berharap dilakukan di jajaran Bank Indonesia."

Ketiga, SBY memerintahkan penegak hukum dan instansi terkait terus mengupayakan dan menuntaskan pengembalian aset Bank Century yang diduga dibawa ke negara-negara tertentu. Jika perlu,  tim pengembali aset Century ini diperkuat. Misalnya, tim diperkuat ahli atau konsultan yang mengerti seluk-beluk pengembalian aset di negara-negara yang bersangkutan. "Tujuannya agar aset ini benar-benar berhasil."

Keempat, SBY meminta instansi yang terkait kasus Century menjelaskan secara berkala kepada masyarakat mengenai apa saja langkah yang sudah dilakukan. "Kementerian, kejaksaan, kepolisian  dalam menindaklanjuti rekomendasi Pantia Angket DPR."

Dari sisi tindak pidana korupsi, SBY berharap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjelaskan kepada publik jika ada temuan-temuan. "Jangan biarkan masyarakat bertanya-tanya." (umi)

Anak kucing

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Merawat kucing menjadi tanggung jawab yang besar bagi setiap pemiliknya. Kesehatan dan kesejahteraan hewan peliharaan kita menjadi prioritas utama. Berikut ini tipsnya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024