Pesawat Khusus Jemput TKI Terlantar di Arab

Beberapa TKI terlantar di kolong jembatan Kandara, Jeddah, Arab Saudi
Sumber :
  • Antara/ Saptono

VIVAnews - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar dalam waktu dekat akan menyiapkan satu pesawat khusus untuk memulangkan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang terlantar di kolong Jembatan Gandahar, Jeddah, Saudi Arabia.

"Kami upayakan satu pesawat untuk memulangkan mereka," kata Muhaimin usaiĀ  menggelar Rapat Kerja dengan Badan Nasional Penempatan dan Perlingdungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), di Jakarta, Selasa 18 Januari 2011.

Muhaimin menegaskan, Kementerian akan berkoordinasi dengan Kementerian lain untuk menyelesaikan pemulangan TKI yang sudah terlantar sekitar tiga bulan itu. Termasuk untuk membicarakan teknis pemulangan para TKI.

"Mekanismenya pemulangannya ada dua kriteria khusus dan umum," kata Menteri yang juga Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

Menteri yang akrab disapa Cak Imin ini menjelaskan, mekanisme pemulangan khusus akan diberikan bagi wanita, mereka yang sakit baik laki-laki maupun perempuan, serta ibu hamil. Sedangkan mekanisme umum dilakukan bagi para TKI Laki-laki.

Rencananya pemulangan dengan mekanisme khusus ini akan dipercepat dengan koordinasi langsung di bawah koordinasi Kementerian Bidang Polhukam. "Beberapa pihak dari lintas kementerian sudah berkoordinasi dan tim advance sebagian sudah berangkat ke Jeddah untuk melakukan upaya lebih lanjut," ujar Cak Imin.

Dari TKI yang terlantar itu bahkan ada dari mereka yang mengalami sakit keras. Bahkan, di kolong jembatan itu pula, dikabarkan, seorang TKW asal Haurwangi, Cianjur, Jawa Barat, Halimah binti Kohar menghembuskan nafas terakhir.

Ia diberitakan meninggal pada 3 Agustus 2009 pagi waktu setempat akibat sakit paru-paru dan terlantar. Selain itu, TKW asal Wanasaba Lombok Timur, Baiq Rusnawati pada 2010 lalu menderita sakit keras, bertahan hidup di tempat yang tak layak.

Sejauh ini Konsulat Jenderal RI di Jeddah dalam satu bulan terakhir telah menampung sekurangnya 200 TKI terlantar. Dari jumlah itu, sebanyak lima sampai sepuluh orang TKI perhari datang dan mengadu ke KJRI.

Parkir Liar Kian Menjamur di Minimarket, Seperti Apa Aturannya?

Sebelumnya Muhaimin mengimbau para TKI agar selalu berhati-hati dan tidak terjebak sindikat yang memanfaatkan posisi mereka. "Kami akan menindak sindikasi yang diiming-imingi sesuatu dengan berbagai alasan," ujar dia.

Aktivis LSM Migrant Care bahkan mengggelar aksi penggalangan dana "Rp. 1000 Untuk Pemulangan TKI" di Bundaran Hotel Indonesia HI, Jakarta Pusat, Rabu, 12 Januari 2011 lalu. Sambil membentangkan spanduk dan membawa kotak sumbangan, massa aksi berorasi tentang nasib memprihatinkan para TKI yang terlantar. (sj)

5 Dampak Negatif Gegara Kecanduan Game Online, Bisa Ganggu Fisik dan Mental
Parto Patrio

Parto Patrio Dilarikan ke Rumah Sakit

Dalam video itu, Parto terlihat memejamkan mata dalam perjalanan menuju ke rumah sakit.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024