Kemenlu Serahkan Soal Paspor Guyana ke Polisi

FOTO JANGAN DIPAKAI
Sumber :
  • VIVAnews/Eko Huda

VIVAnews - Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, menyerahkan seluruh urusan paspor Republik Guyana milik pria yang mirip Gayus Tambunan kepada polisi. Menurut dia, Kepolisian bisa kerjasama dengan interpol untuk mencari informasi mengenai kebenaran paspor itu.

"Kepolisian bekerjasama dengan interpol dengan jaringanya tentu akan mencari tahu keaslian paspor," kata Marty, Selasa 18 Januari 2011.

Marty mengakui ada paspor Republik Guyana atas nama Yosep Morris dan istri Ann Morris. Karena itu, polisi diminta untuk segera melakukan kerjasama agar segera diketahui apakah paspor itu palsu atau tidak.

Dipastikan ada sesuatu yang tidak lazim karena tidak mungkin seorang Warga Negara Indonesia memiliki dua paspor, karena Indonesia tidak mengenal asas dwi kebangsaan.

"Tidak mungkin punya paspor Indonesia sekaligus Guyana. Ini sangat luar biasa kalau benar terjadi," ujarnya.

Bila benar paspor tersebut milik Gayus, maka dapat dikatakan kalau Imigrasi kecolongan. Tapi juga Republik Guyana yang akan bertanya, bagaimana bisa seorang Warga Negara Indonesia mendapatkan paspor Guyana.

Sekali lagi Marty menjelaskan kalau tidak ada perwakilan Republik Guyana di Indonesia, begitu juga perwakilan Indonesia di Guyana. Karenanya, Kemenlu meminta kepada polisi untuk mencari informasi terkait ini kepada Interpol, mengenai kebenaran paspor itu.

Sebelumnya disampaikan Bagian Penerangan Umum Polri, Komisaris Besar Boy Rafli Amar, kalau pemalsuan paspor milik Gayus Tambunan dilakukan sindikat internasional. Polisi masih memburu John Jerome Grice yang berpaspor Amerika Serikat, yang diduga sudah lari ke negara di kawasan Asia.

Tak hanya membuatkan Gayus paspor Indonesia atas nama Sony Laksono. Grice juga diduga telah membuatkan paspor Republik  Guyana atas nama Yosep Morris untuk Gayus Tambunan. Dugaan itu muncul setelah dalam pemeriksaan email yang dikirimkan Grice kepada tersangka Ari, yang bertugas mengambil foto Gayus untuk paspor.

Dalam paspor itu tercatat orang mirip Gayus itu terlahir pada 9 Mei 1979. Paspor bernomor 1209595 itu berlaku dari 23 Juli 2007 sampai 22 Juli 2012.

Selain itu, juga ditemukan paspor dengan foto mirip istri Gayus, Milana Anggraini. Paspor itu atas nama Ann Morris dengan nomor paspor 1209191. Orang yang mirip Milana itu tercatat lahir pada 6 Februari 1979, dan paspor itu berlaku mulai 18 Juli 2007.

Terima Kunjungan LBBP Jepang, Menaker Berharap Kerja Sama Ketenagakerjaan Indonesia-Jepang Meningkat
Bintang Emon dan Istri, Alca Octaviani

Gak Nyangka, Istri Bintang Emon Dinyatakan Positif Narkoba

Kabar ini lantas membuat Bintang Emon keheranan karena sang istri belum lama ini mendapatkan rekomendasi obat dari seorang apoteker.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024