Gayus Tambunan Mau Lari ke Guyana?

FOTO JANGAN DIPAKAI
Sumber :
  • VIVAnews/Eko Huda

VIVAnews - Mabes Polri mulai mengungkap kepemilikan paspor Republik Guyana yang diduga kuat milik Gayus Tambunan dan istrinya Milana Anggareini. Sejumlah pihak menduga kalau Gayus akan lari dan pindah kewarganegaraan.

Menurut Wakil Ketua Komisi Hukum DPR RI, Tjatur Sapto Edy menegaskan bahwa dengan paspor itu maka orang bisa menduga bahwa Gayus mau pindah kewarganegaraan.

"Itu dugaan saya sejak awal. Ada orang lain yang memberikan jalan terhadap Gayus untuk lari dari Republik Indonesia," kata Tjatur di DPR, Selasa 18 Januari 2011.

Tjatur menduga pembuatan paspor baik atas nama Soni Laksono maupun atas nama Yosep Morris- untuk pelarian ke Guyana- menegaskkan bahwa ada jaringan yang kuat membantu Gayus.

"Tentu polisi harus bekerjasama dengan Kemenlu untuk klarifikasi," ujar Tjatur. Kementrian Luar Negeri, lanjut dia, perlu dilibatkan dalam koordinasi dengan pihak Guyana.

Ketua Fraksi PAN itu juga mengapresiasi kepolisian dan imigrasi yang berhasil menguak keberadaan JJ sebagai pemerkarsa paspor Gayus. "Saya apresiasi Polri dan imigrasi dengan membuka jaringan mafia paspor sehingga semuanya menjadi terkuak," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, menyerahkan seluruh urusan paspor Republik Guyana milik pria yang mirip Gayus Tambunan kepada polisi.

Kepolisian bisa kerjasama dengan interpol untuk mencari informasi mengenai kebenaran paspor Republik Guyana atas nama Yosep Morris. Karenanya, polisi diminta untuk segera melakukan kerjasama agar segera diketahui apakah paspor itu palsu atau tidak.

Dipastikan ada sesuatu yang tidak lazim karena tidak mungkin seorang warga negara Indonesia memiliki dua paspor, karena Indonesia tidak mengenal asas dwi kebangsaan.

Mantan Ajudan SYL Ungkap Ada Pesan WA dari Firli ke SYL, Tapi Langsung Dihapus
VIVA Militer: 88 hari rehab rumah dinas Yonif 305 Tengkorak Kostrad TNI

Aksi Jenderal TNI Maruli dan Pasukan Tengkorak Kostrad 88 Hari Ubah 24 Rumah Berhantu Jadi Indah

Rumah digempur siang malam bersama-sama.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024