Bunker Tua Ditemukan di Surabaya

Seorang petugas masuk ke lubang perlindungan Vietcong
Sumber :
  • (VIVAnews/Renne Kawilarang)

VIVAnews - Sebuah bunker tua ditemukan di lahan milik Dinas Pekerjaan Umum (PU) Binamarga, Kota Surabaya, Jalan Grudo, Jumat, 21 Januari 2011. Bentuknya mirip Iglo, rumah penduduk bangsa Eskimo di Kutub Utara. Tingginya 1,5 meter dan terbuat dari semen dengan pintu berada di atas dan samping.

"Bangunan itu sudah ada sejak saya masih anak-anak," kata Suyoto yang saat ini berumur 58 tahun.

Bila masuk ke dalam, bentuknya mirip sebuah tenda. Di samping bangunan terdapat sebuah ruang persegi dan ada jalan penghubung masuk ke dalam tanah. Sekitar 10 sampai 15 anak bisa masuk ke dalam bunker.

Sesuai bentuknya yang menyerupai mangkuk telungkup, Suyoto menduga tempat ini dulunya berfungsi untuk berlindung saat terjadi pertempuran.

Suyoto mengatakan warga sekitar lokasi meyakini bunker ini awalnya dipakai sebagai jalan tersembunyi untuk menuju ke suatu tempat.

Menurut Suyoto, ada juga cerita yang menyebutkan bangunan itu dulunya dibangun oleh Goemintai di jaman Belanda pada tahun 1942. "Ini dulu perkantoran Belanda, namanya Goemintai, atau kalau sekarang Dinas PU. Karena dulu masih banyak serangan udara oleh tentara Jepang, yang sasarannya kantor-kantor Belanda. Kemudian, orang Belanda membuat ini," kata Suyoto.

Karena tempat ini tidak dilindungi, kata Suyoto, sempat menjadikannya sebagai tempat untuk bermain. "Saya dulu sering masuk bersama teman-teman. Ada lubang ke dalam tanah. Tapi warga tidak tahu tembusnya kemana," kata Suyoto.

Laporan: Tudji Martudji | Surabaya

Angger Dimas Ungkap Alasan Sang Ibunda Dimakamkan Dekat Makam Dante
Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia / MKRI

MK Pastikan Tak Ada Deadlock Putuskan Perkara Sengketa Pilpres

Mahkamah Konstitusi (MK) memastikan tak ada deadlock dalam pengambilan keputusan sengketa Perselisihan Pemilihan Umum (PHPU).

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024