Rapat Pemuda Muhammadiyah Ricuh, 1 Luka Parah

Aksi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM)
Sumber :
  • Antara/ Yudhi Mahatma

VIVAnews - Pelaksanaan Musyawarah Wilayah (Muswil) Pemuda Muhammadiyah Sulawesi Selatan berlangsung ricuh. Kericuhan tersebut bahkan berlangsung hingga dua kali.

"Mereka saat itu ingin memperjelas sebelum pemilihan dimulai. Namun mereka marah dan terlihat membawa senjata tajam,” ungkap Rahim, salah seorang peserta Muswil kepada VIVAnews.com, Minggu 23 Januari 2011.

Kericuhan bermula saat para peserta baru saja selesai mendengar laporan pertanggungjawaban dari Ketua Ikatan Pemuda Muhammadiyah (IPM) Sulsel, Abd Rahmat Noer, yang berlangsung di aula Universitas Muhammadiyah Makassar, semalam.

Saat itu, sejumlah peserta mempertanyakan masalah black campaign yang menyerang salah seorang kandidat. Yakni tentang isu mundurnya salah seorang kandidat bernama Syamsir, dan mengaku mengalihkan dukungannya kepada kandidat lain.

Namun keinginan sejumlah peserta tidak digubris oleh panitia pelaksana dan pimpinan sidang. Para pendukung kemudian berteriak-teriak dan meminta muswil dihentikan. Mereka juga keluar dari arena persidangan.

Menjelang tengah malam, kericuhan kembali terjadi. Berawal dari munculnya dugaan mobilisasi massa untuk memilih kandidat tertentu. Oknum itu bahkan mengaku dari daerah Kabupaten Luwu, yang belakangan diketahui jika ia bukan asli Luwu.

Sejumlah peserta mengetahui itu dan kemudian kembali memprotes adanya kejanggalan yang terjadi di Muswil Pemuda Muhammadiyah Sulawesi Selatan itu. Protes itu lagi-lagi tidak dihiraukan oleh pimpinan sidang.

Saat itulah, puluhan peserta kembali masuk ke ruang sidang. Mereka terlihat membawa senjata tajam berupa badik dan mengacungkan ke udara. Hal itu membuat peserta panik dan berlarian keluar sidang.

"Suasana tidak terkontrol, bahkan ada salah seorang yang diketahui panitia pelaksana dikeroyok dan terluka di bagian kepala," tutur Rahim lagi.

Akibat kericuhan, sejumlah kaca jendela Aula Universitas Muhammadiyah pecah. Kericuhan juga membuat proses pemilihan diundur hingga Minggu dini hari.

Pada pemilihan tadi malam, Kader Pemuda Muhammadiyah Sulsel, Syahruddin Alrif terpilih sebagai Ketua Pemuda Muhammadiyah Sulawesi Selatan. Syahruddin yang berlatar belakang pengusaha ini meraih suara terbanyak dengan 234 suara. Ia mengalahkan kandidat lainnya, yakni Muchtar Tompo, 94 suara, Mahyuddin Nur, 31 suara, Syamsir, 20 suara dan Syahrir Rajab, 18 suara.

Laporan Rahmat Zeena l Makassar

Beroperasi Juni 2024, Smelter Freeport di Gresik Bakal Diresmikan Jokowi?
Persebaya Surabaya vs Bali United

Hasil Liga 1: Bali United Lolos ke Championship Series Usai Tekuk Persebaya Surabaya

Bali United berhasil meraih poin sempurna usai tekuk Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 di Stadion Gelora Bung Tomo pada Rabu sore tadi, 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024