UGM: Secara Akademik, Crop Circle DIY 'Keren'

foto udara crop circle Sleman
Sumber :
  • Istimewa/Catur Aries Rokhmana

VIVAnews -- Hasil penelitian Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) memastikan bahwa dua crop circle, di Sleman dan Bantul, DIY adalah buatan manusia.

Dan, sebuah tulisan dalam situs studentmagz.com berjudul 'Fakta di Balik Jejak UFO di Sleman' melansir bahwa  pembuat lingkaran yang menghebohkan itu adalah mahasiswa UGM, khususnya Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA).

Kepala Humas UGM, Surya Baskoro mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan penelusuran atas  informasi tersebut,.

"Kami menelusuri statemen dalam studentmagz.com, Fakultas MIPA sudah mengontak semua mahasiswa Jurusan Matematika angkatan 2008,"kata Surya saat dihubungi VIVAnews, Kamis 27 Januari 2011.

Sekitar 60 mahasiswa yang dihubungi, lewat telepon dan pesan pendek. Bagaimana hasilnya? "Tidak ada satupun yang tahu. Informasinya pun masih simpang siur. Benarkah mahasiswa yang membuat crop circle itu, kalau memang ya, apakah benar mahasiswa UGM." tambah dia.

Yang jelas, tambah Surya, UGM akan membantu pihak kepolisian untuk mengusut kasus ini secara tuntas. Bahkan, jika benar pelakunya mahasiswanya, UGM siap memberikan ganti rugi kepada pemilik sawah.

Dijelaskan Surya, dalam pandangan akademik, UGM menganggap crop circle itu sebagai sebuah karya seni yang memanfaatkan teknologi.
"Soal merusak sawah, ada aspek hukum, tapi ini bukan kriminal seperti pencuri atau koruptor. Kami berharap pihak berwajib mempertimbangkan aspek ini," kata dia.

"Secara akademik, ini 'keren' hanya pelakunya perlu diarahkan."

Munculnya crop circle di area persawahan Berbah, Sleman dan menyusul kemudian di Piyungan, Bantul menghebohkan masyarakat. Ada yang menduga pola aneh itu adalah akibat dari fenomena alam, bahkan dikaitkan dengan UFO.

Belakangan, hasil uji lapangan LAPAN dan Badan Tenaga Nuklir Nasional membantah spekulasi liar dan menguatkan fakta, bahwa itu rekayasa manusia.

Tak hanya merusak sawah, crop circle tersebut telah menimbulkan konsekuensi serius, satu orang pengunjung yang ingin menyaksikan 'jejak UFO' itu secara langsung, tewas terjatuh dari tebing yang licin.

Sidang Sengketa Pilpres, MK Pertimbangkan Hadirkan Mensos hingga Menkeu
Muslimah saat makeup

Jangan Asal Pilih, 5 Tips Ini Harus Diperhatikan Muslimah Saat Memilih Kosmetik Halal

Menyambut Hari Raya Idul Fitri banyak Muslimah ingin tampil cantik dan menawan. Namun, memilih kosmetik halal di tengah banyaknya produk di pasaran bisa menjadi tantangan

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024