Megawati: Kematian Ibu Hamil Masih Tinggi

Megawati Soekarnoputri
Sumber :
  • Situs resmi Megawati Institut

VIVAnews -- Ketua Umum PDIP Perjuangan, Megawati Soekarnoputri merayakan ulang tahunnya ke-64 bersama sekitar 1.000 ibu hamil di Kampung Cinangneng, Desa Cihideung Udik, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor.

Mega mengaku sangat prihatin jumlah kematian anak dan ibu hamil di Indonesia masih tinggi. Dalam brosur yang dibagikan menjelang Megawati berpidato, disebutkan pada 2010, rasio angka kematian ibu melahirkan adalah 440 per 1000 kelahiran hidup. Sementara, angka kematian bayi 94 per 1000 kelahiran hidup.

Perasaan Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-23 Singkirkan Korea Selatan

Salah satu sebabnya, kata Megawati, banyak keluarga masih berpikiran tradisional. "Oleh karena itu, saya merayakan ulang tahun mendatangi ke Kecamatan Ciampea, untuk memberikan pengarahan kepada ibu hamil yang datang ke tempat ini," kata dia, Kamis 27 Januari 2011.

Kepada para ibu hamil yang mengelilinginya, Mega menyarankan untuk memeriksakan kehamilannya kepada bidan. Juga menyarankan ikut KB agar kesehatan dan pendidikan anak terjamin.

Belum lagi selesai Mega berpidato, peristiwa mengejutkan terjadi. Seorang ibu hamil tua dari kecamatan Cibungbulang tiba-tiba pingsan. Sontak, Mega menghentikan pidatonya. Ia nampak sangat kaget, matanya melihat ke arah perempuan itu.

Lalu, satuan tugas keamanan internal dengan sigap mengangkat ibu yang duduknya hanya dua meter dari Megawati. Mereka menggotongnya, lewat depan sang ketua umum yang terlihat khawatir.

Ibu itu lalu dibawa ke rumah terdekat untuk diberi perawatan. Acara pun dilanjutkan.

Beberapa menit kemudian, kabar baik disampaikan ke tenda. Isinya:  ibu pingsan tadi telah melahirkan bayinya dengan selamat. Wajah Megawati yang sedang memotong tumpeng pun menjadi ceria. Para ibu hamil di dalam tenda bertepuk tangan keras. Mereka ikut gembira.

"Ini buat hadiah langsung dari saya buat ibu hamil," kata Mega sambil menyerahkan potongan tumpeng ke salah satu pengurus, untuk disampaikan kepada ibu yang baru melahirkan itu.

Selain dihadiri para ibu hamil, peringatan kelahiran presiden RI kelima itu juga dihadiri beberapa anggota DPR RI, anggota DPRD Kabupaten Bogor dan Kota Bogor dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Juga ada Wakil Bupati Tangerang, Rano Karno.(np)

Laporan Ayatullah Humaeni| Bogor

Christian Bautista Bakal Tampil di Konser Westlife: The Hits Tour 2024
Petugas yang mengawal Anies dan Keluarga selama Pilpres 2024 berpamitan

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir

Tugas tim pengawal yang melekat pada Anies Baswedan selaku Capres 2024 nomor urut 01 telah selesai dan mereka telah berpamitan kepada Anies dan Keluarga.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024