Menlu: Garuda Evakuasi 38 Bayi dari Mesir

Marty Natalegawa
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews -- Kloter pertama evakuasi warga Indonesia dari Mesir kini sedang dalam perjalanan menuju tanah air dengan pesawat Boeing 747-400 milik Garuda Indonesia.

Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa mengungkapkan, pesawat yang bertolak dari Kairo pukul 03.20 dini hari tadi membawa 415 WNI. "Insya Allah dijadwalkan tiba pukul 13.30 WIB," kata Marty sebelum rapat dengan Komisi I DPR RI, Rabu 2 Februari 2011.

Djelaskan dia, dari 415 WNI, sebanyak 337 di antaranya adalah orang dewasa, 40 anak-anak, dan 38 bayi. "Kami memang memberikan prioritas kepada perempuan, anak dan bayi," kata Marty.

Sementara di Mesir, proses pencatatan dan pendataan WNI berjalan baik. Pergerakan mahasiswa RI di sana juga terpantau baik. Kata Menlu, pemerintah berkomitmen menfasilitasi WNI yang ingin kembali ke Indonesia.

Berdasarkan pengamatan kementerian luar negeri, situasi pergolakan masyarakat Mesir masih memanas dan belum akan reda dalam waktu dekat. Kementerian menganjurkan warga Indonesia tidak bepergian ke mesir sebelum kekisruhan terjadi.

"Sudah jelas sejak awal, sebelum situasi berkembang sedemikian buruknya, kementerian luar negeri sudah mengeluarkan travel advisory. Mengingatkan, menyarankan warga kita untuk menghindari, mempertimbangkan ulang seandainya ada rencana ke Mesir."

"Dan yang sudah ada di Mesir untuk menghindari kumpulan massa, dan lain-lain," kata Marty. Ditambahkan dia, gelombang pemulangan WNI selanjutnya akan direncanakan besok.

Ricuh di Mesir makan korban jiwa, ada menyebut ada 97 orang tewas, namun sumber lain mengatakan lebih dari 100 nyawa yang melayang.

Menyusul demonstrasi besar Selasa kemarin, Presiden Mesir, Hosni Mubarak akhirnya angkat bicara. Meski menyatakan tak akan maju dalam pemilu September mendatang, Mubarak bersikukuh tak akan turun saat ini -- sesuai tuntutan massa protes.

Pernyataan Mubarak disambut kemarahan para demonstran. Bahkan di Kota Alexandria, massa antipemerintah terlibat bentrok dengan para pendukung rezim. Gara-gara pernyataan Mubarak. (sj)

Gibran Diberi Wejangan Ma'ruf Amin: Presiden dan Wakil Presiden Harus Kompak
Kick Off Baligivation Festival 2024

Dorong Ekosistem Ekonomi Keuangan Digital, BI Bali Gelar Baligivation Festival 2024

Dorong Ekosistem Ekonomi Keuangan Digital BI Bali Gelar Baligivation Festival 2024

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024