Menlu: Tidak Ada WNI Tewas di Kairo

Marty Natalegawa
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews - Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa menjelaskan informasi seputar kabar meninggalnya satu orang yang diduga Warga Negara Indonesia atas nama Imanda Amalia di Kairo, Mesir. Menlu menegaskan tak ada data yang memastikan nama tersebut tewas di Mesir.

"Sepanjang hari ini, Kemenlu dan perwakilan berupaya memverifikasi informasi ini antara lain dengan komunikasi ke kantor UNRWA (Organisasi Pengungsi PBB) di beberapa lokasi,Timur Tengah, Kairo, Yordania, New York, dan kantor PBB Jakarta," jelas Marty dalam jumpa pers di kantornya, Kamis 3 Februari 2011.

Salah satu pejabat UNRWA yang dikonfirmasi adalah Khadir Alkaridza, Kepala UNRWA di Kairo. Hasilnya, jelas Marty, tidak ada korban atas nama Imanda Amalia dan bekerja sebagai staf UNRWA. Dari sumber pertama di UNRWA Mesir, Kemenlu mendapatkan informasi bahwa tidak ada WNI yang bekerja di UNRWA Mesir. "Sekali lagi, ini di Mesir. Siapa tahu yang bersangkutan adalah staf UNRWA wilayah lain yang kebetulan terjebak di Kairo," jelas dia.

Mengenai informasi bahwa Imanda berkerwarganegaraaan Australia, Marty menjelaskan,"Kemenlu sedang mengonfirmasi ke Kedutaan Besar Australia di Jakarta. Namun, hingga kini pemerintah Australia belum bisa mengonfirmasi."

Berita mengenai Imanda ini, sambungnya, hanya menyebar di media-media Indonesia. Kabar ini belum terwartakan di media internasional. "Kami belum bisa mengonfirmasi jati diri dan kewarganegaraan dari Imanda Amalia."

Indonesia All Star Diisi Pemain Terbaik Guna Hadapi Red Sparks

Kabar mengenai meninggalnya Amalia ini pertama kali dimuat akun facebook Science of Universe. Penulis pesan pertama kabar meninggal itu atas nama Ayman Mahmoud anggota Organisasi Pengungsi PBB (UNWRA) di Mesir. (umi)

Ilustrasi pelecehan seksual

Terekam CCTV Cabuli Gadis Panti Asuhan, Ketua PSI Gubeng Surabaya Dicokok Polisi 

Pelaku yang mengaku sebagai pendeta itu diminta mengobati CH. Bukannya diobati, pelaku malah melecehkan korban di lantai dua panti asuhan di Sukolilo.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024