Pemerintah Siapkan Amman Untuk Pengungsian

WNI di Mesir tiba di Bandara Soekarno-Hatta.
Sumber :
  • AP Photo/ Irwin Fedriansyah

VIVAnews - Pemerintah Republik Indonesia mengakui tak dapat mengevakuasi seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) yang masih berada di Kairo, Mesir, secara bersamaan. Itu sebabnya, pemerintah mengantisipasi masalah ini dengan membuka sejumlah tempat pengungsian sementara di Amman, Jordania.

"Di Amman, Jordania telah disediakan tempat penampungan dengan daya tampung 500 orang," kata Menteri Luar Negeri Indonesia, Marty Natalegawa, di Jakarta, Kamis, 3 Februari 2011.

Marty mengatakan telah melakukan kontak dengan Duta Besar Indonesia untuk Jordania, dan mereka telah menyanggupi untuk menampung WNI selama terjadi bentrokan antara demonstran anti-pemerintah dan pendukung pemerintah.

Dipilihnya kota Amman, lanjut Marty, karena kawasan ini telah memiliki fasilitas Visa on Arrival sehingga memudahkan WNI yang hendak dievakuasi lebih lanjut ke negara tetangga terdekat.

Selain Amman, Kementrian Luar Negeri juga akan menyiapkan kota Jeddah, Arab Saudi, sebagai tempat evakuasi sementara. "Opsi kedua kota Jeddah, karena sudah ada asrama haji dan sedang dipertimbangkan lagi Dubai," ujarnya.

Abu Ubaida Bongkar Fakta Kegagalan Israel di Hari ke-200 Pembantaian Gaza

Marty menegaskan pemerintah akan memberikan perhatian penuh terhadap WNI yang masih bertahan di Mesir.(np)

Sekjen DPP PKS Aboe Bakar Al Habsyi.

Sekjen PKS Bakal Sambangi Markas Nasdem Sore Ini, Mau Apa?

Sekjen PKS Habib Aboe Bakar Alhabsyi mengaku akan mendatangi Nasdem Tower, Rabu sore ini.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024