Sidang Ba'asyir akan Dijaga Ketat

Abu Bakar Ba'asyir 1
Sumber :
  • VIVANews/ Tri Saputro

VIVAnews - Abu Bakar Baasyir akan menjalani sidang perdana pada Kamis 10 Februari 2011. Selama persidangan, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan akan mengerahkan semua kekuatan untuk mengamankan jalannya sidang.

"Rencananya sidang Ba'asyir akan digelar Kamis minggu depan di pengadilan," kata Humas Pengadilan Negeri Jakarta Selatan,   Ida Bagus Dwiyantara, Jumat 4 Februari 2011.

Dia mengatakan, persidangaan pimpinan pondok pesantrean Al Mukmin, Ngruki, Solo, Jawa Tengah ini akan dipimpin oleh ketua Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Herry Swantoro. Untuk awal, kata Ida Bagus, persidangan akan digelar satu kali seminggu. "Nanti selanjutnya kebijakan tergantung Majelis," Kata dia

Untuk keamanan persidangan sendiri, Ida Bagus menuturkan, pihak pengadilan akan mengerahkan seluruh pengamanan dalam pengadilan. Selain itu pihaknya juga berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Hanya saja dia belum mengetahui jumlah personel keamanan yang akan dikerahkan. Tidak menutup kemungkinan, pengamanan sidang Baasyir nanti juga melibatkan anggota TNI.

Baasyir dijerat tujuh pasal berlapis, dia dijerat dengan dakwaan primer pasal 14 juncto pasal 9 UU tentang pemberantasan tindak pidana terorisme. Subsider 14 juncto pasal 7, lebih subsider 14 jo pasal 11, lebih lebih subsider  pasal 15 jo pasal 9, kebawahnya lagi pasal 15 jo pasal 7, kebawahnya lg pasal 15 jo pasal 11, terakhir pasal 13 huruf a.

Baasyir diduga terlibat dalam pelatihan militer jaringan terorisme Aceh di Pegunungan Jalin, Jantho, Aceh Besar. Dia juga diduga melakukan perbuatan perencanaan, menggerakkan,  permufakatan dan terakhir memberikan dana atau meminjamkan dana untuk kegiatan terorisme.

Selain itu jaksa juga menduga ada keterlibatan Baasyir dalam mendanai pelatihan militer di Aceh dan diduga terlibat dalam perampokan di Medan. Baasyir terancam pidana mati atau seumur hidup. (sj)

Shin Tae-yong Galau Harus Hadapi Negara Sendiri
Anies hadiri acara penetapan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wakil Presiden Terpilih di KPU.

Terpopuler: KPU Tetapkan Presiden Baru, Prabowo Sebut Senyum Anies Berat

Terpopuler: KPU Tetapkan Presiden Baru, Prabowo Sebut Senyum Anies Berat.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024